Cara Menghilangkan Bau "Lebus" Sekaligus Mengempukkan Daging Kambing Denga Cepat - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, July 30, 2020

Cara Menghilangkan Bau "Lebus" Sekaligus Mengempukkan Daging Kambing Denga Cepat


Kabar Surabaya - Pada saat Idul Adha seperti ini biasanya isi dari ruangan pendingin  (frezer) di kulkas akan penuh dengan daging. Sebagian ada yang daging sapi, namun sebagian lagi ada yang terisi oleh daging kambing. Bagi yang mendapatkan daging kambing, tantangannya adalah bagaimana caranya untuk menghilangkan bau lebus dan mengempukkan dagingnya yang memang teksturnya lumayan kenyal.


Kalau hal tersebut tidak berhasil diatasi, maka dijamin masakan daging kambing yang disajikan nanti masih berbau lebus dan kenyal. Tentu hal ini akan sangat mengganggu sekali, bahkan ditakutkan bisa merusak selera makan. Padahal sejatinya daging kambing ini razanya sangat lezat, kandungan seratnya tinggi dan rendah lemak.

Sebenearnya daging kambing ini adalah sajian yang sangat wajib ada dimasakan negera Tinur Tengah. Beragam masakan dari negara Arab ini hampir semuanya menggunakan daging kambing sebagai menu utamanya. Kali ini admin akan sedikit membocorkan rahasia dari negara Timur Tengah, bagaimana cara mereka mengolah daging kambing ini sehingga menjadi sajian yang lezat. Terutama untuk menghilangkan bau lebus/pregus sekaligus mengempukkan dagingnya.

1. Buang Lapisan Lemak
Bau prengus/lebus yang ada didalam daging kambing ini banyak yang bersumber dari lapisan lemaknya. Biasanya banyak cheft dari Timur tengah yang menyingkirkan lapisan lemak yang terlihat berwarna putih. Cara mudah memisahkan lapisan lemak ini adalah dengan menaruhnya di dalam frezer selama beberapa menit sampai daging mengeras. Setelah itu bari kita akan mudah untuk mengirisnya.

2. Jangan di Cuci
Setelah mendapatkan daging kambing, jangan langsung dicuci dengan air. kandungan air ini malah akan membuat bau daging kambing semakin kuat dan dagingnya semakin alot. Iris saja permukaan daging yang ada darah atau kotoran. Setelah itu potong menjadi beberapa bagian dan simpan didalam kulkas.


3. Taburi Garam Dapur
Apabila daging kambing ini hendak diolah, maka taburi garam pada permukaannya. Tunggu hingga satu jam. Garam ini akan bisa menghilangkan bau khas kambing yang terasa mengganggu. Setelah itu cuci daging dengan air mengalir hingga bersih.

4. Lumuri dengan Air Jeruk Nipis
Beberapa orang ada juga yang melumuri daging kambing sebelum dioleh dengan perasan jeruk nipis. Selain menghilangkan bau, jeruk nipis ini juga bisa membuat daging kambing menjadi empuk. Biarkan selama satau jam sebelum daging di olah.


5. Bungkus Dengan Daun Pepaya
Daun pepaya ini memiliki enzim yang mampu mengempukkan daging. Potong-potong daging menjadi  beberapa bagian dan bungkus dngan daun pepaya yang muda. Sedikir remat daun pepaya tersebut agar enzimnya keluar melalui getahnya. Diamkan selama satu jam dan daging siap untuk diolah. (yyan)  

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad