Vaksin Corona Segera Tersedia, Golongan Ini Yang Paling Diutamakan - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, July 9, 2020

Vaksin Corona Segera Tersedia, Golongan Ini Yang Paling Diutamakan


Kabar Surabaya - Perang melawan Virus COVID-19 masih terus berlangsung hingga saat ini. Tidak hanya Indonesia saja, namun seluruh dunia juga sedang berperang melawan Virus yang berasal dari Tiongkok ini. Saat ini semua negara sedang berusaha untuk menemukan penyembuh dari Virus Corona yang sangat meresahkan ini. Salah satu penyembuh yang saat ini sedang si usahakan oleh semua negara adalah Vaksin Virus COVID-19.


Saat ini Indonesia juga tengah menggarap Vaksin Virus Covid-19 buatan asli Indonesia. Nantinya vaksin ini akan diproduksi secara massal dan akan dibagikan kepada seluruh masyarakat. Penelitian vaksin lokal Indonesia ini diharapkan bisa selesai pada pertengahan tahun 2021, sehingga bisa segera di distribusikan kepada masyarakat.

Kabar mengenai vaksin Virus Covid-19 buatan Indonesia ini di infokan oleh  Reisa Broto Asmoro, selaku Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Reisa memaparkan bahwa, Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Kementerian Riset dan Teknologi (Profesor Ali Ghufron Mukti), telah memprediksi bahwa vaksin dari Virus Covid-19 buatan Indonesia ini akan diproduksi massal dan akan tersedia bagi masyarakat pada pertengahan 2021 mendatang.

Setiap pengembangan vaksin apapun, selalu ada 15 tahapan yang harus dilalui. Sedangkan Indonesia saat ini sudah mencapai progres yang sangat positif. Dari 15 tahapan tersebut, peneliti Indonesia telah berhasil melewati 15 tahapan yang ada. Jadi tinggal menyelesaikan 7 tahapan lagi sebelum vaksin ini benar-benar siap untuk di edarkan. Untuk pembuatan vaksin ini Indonesia melakukan kerjasama dengan Negara Korea Selatan.

“Kita semua patut optimis kalau Indonesia akan dapat memproduksi vaksin COVID-19 sendiri dalam waktu yang singkat," kata Reisa Broto Asmoro, dalam konferensi pers di Graha BNPB, pada hari Selasa (7/7/2020).   


Nantinya, vaksin Virus Corona Indonesia ini akan didistribusikan kepada populasi yang paling rentan terhadap Virus COVID-19 ini. Mereka adalah golongan orang berusia lanjut dan pasien yang mempunyai penyakit bawaan/komorbid. Mereka akan diprioritaskan terlebih dahulu sebelum di distribusikan secara luas kepada seluruh masyarakat.

Namun sebelum Vaksin COVID-19 ini di distribusikan, masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Aktifitas seperti memakai masker, Physical Distancing dan cuci tangan dengan sabun adalah protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh masyarakat.


Selain Indonesi, negara-negara lain juga tengah berlomba-lomba untuk membuat vaksin Virus Corona ini. Bahkan beberapa negera juga telah melalui uji klinis dan telah menguji-cobakan ke manusia. Seperti halnya negara China, Amerika Serikat dan Inggris. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad