Jatim Membaik, Tinggal Menyisakan Enam Daerah Zona Merah - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, July 17, 2020

Jatim Membaik, Tinggal Menyisakan Enam Daerah Zona Merah


Kabar Surabaya - Pada Bulan Mei 2020 lalu hampir semua Kabupaten/Kota di Seluruh Provinsi Jawa Timur masuk kedalam Zona Merah. Zona Merah ini berarti kawasan tersebut masuk dalam resiko tinggi dan penyebaran dari Virus COVID-19 tidak terkendali. Orang yang berada di dalam Zona Merah tentunya wajib untuk berhati-hati agar dirinya tidak terpapar oleh Virus Corona yang mematikan ini. Protokol kesehatan-pun wajib untuk dipatuhi oleh semua pihak. Sehingga pemakaian masker, jaga jarak dan sering cuci-tangan pakai masker haruslah menjadi kebiasaan sehari-hari.


Kondisi Provinsi Jawa Timur yang memerah ini seakan tergambar pada Jumlah penambahan kasus positif COVID-19 yang sempat menjadi tertinggi atau nomor se-Indonesia. Hal ini rupanya membuat semua aparatur negara memberikan perhatiannnya kepada Provinsi yang dipimpin oleh Gubenur Khofifah Indar Parawansa ini.   

Mulai dari Presiden hingga Menteri Kesehatan sampai turun gunung ke Provinsi Jatim ini. Menteri Kesehatan Terawan malah sampai berkantor di Kota Surabaya guna memantau penanganan Virus COVID-19 di Jatim dengan lebih dekat lagi. Dengan tegas waktu itu Presiden Joko Widodo menginginkan bahwa dalam waktu dua pekan kondisi Provinsi Jawa Timur harus membaik.

Mendapatkan perintah langsung dari Pimpinan tertinggi di Indonesia tersebut. seluruh pimpinan derah yang ada di Provinsi Jawa Timur langsung bertindak lebih keras lagi. Beragam cara dilakukan agar penyebaran Virus COVID-19 didaerahnya bisa diredam bahkan bisa diminimalisir. Beberapa daerah di Jawa Timur juga langsung memberlakukan denda berupa nominal maupun administratif bagi pelanggar protokol kesehatan.

Hasil kerja keras para pimpinan daerah di Provinsi Jawa Timur ini mulai terasa saat ini. Berdasarkan data yang diambil dari website infocovid19.jatimprov.go.id, rupanya terdapat perkembangan yang cukup menarik mengenai Provinsi Jatim ini. Berdasarkan peta dalam zonasi warna, ternyata hingga saat ini hampir sebagian besar Provinsi Jawa Timur sudah berwarna kuning atau masuk ke dalam Zona Kuning.


Dengan data ini Gubenur Khofifah sangat yakin dan optimis kalau Provinsi jawa Timur bisa segera membaik dan berubah warna menjadi hujau. Namun orang nomor satu di Jawa Timur ini juga tetap mengingatkan agar masyrakat tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

Ke-enam daerah yang masih dinyatakan sebagai Zona Merah ini adalah kawasan Surabaya raya (Kota Surabaya, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Gresik), Kabupaten Bojonegoto, Kota Mojokerto dan Kabupaten Mojokerto. Daerah tersebut tentunya mempunyai PR besar saat ini untuk membuat kawasannya masing-masing menjadi hijau kembali.


Sementara itu beberapa kawasan yang sudah mulai masuk ke Zona Kuning adalah Kabupaten Madiun, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Kabupaten Madiun sendiri awalnya sudah berhasil masuk ke Zona Hijau. Namun karena ada penambahan kasusu baru, maka daerah penghasil Brem ini harus kembali masuk ke Zona Kuning. 

Sedangkan yang telah memasuki Zona Orange adalah : Kabupaten Magetan, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Ponorogo,  Kabupaten Pacitan, Kabupaten Kediri, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Ngawi, Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Tuban, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Batu,  Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Lamongan.


Selain itu beberpa daerah ini juga telah beranjak masuk ke dalam Zona orange juga, seperti Kabupaten Jombang, Kabupaten Blitar, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sampang, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Bangkalan, Kota Probolinggo, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Jember, Kabupaten Malang,  Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo. (yyan)

2 comments:

  1. Their tech-savvy team didn’t require excessive formalities, had great communication skills, and therefore the option of a project manager allowed greater specialization in other aspects. Digital product design studio can improve on the initial planning and feedback process.

    ReplyDelete
  2. The team excelled at project management by with the utmost transparency, honesty, and organization.
    interaction design firm

    ReplyDelete

Post Bottom Ad