Jangan Lakukan Ini Jika Tak Ingin Olahan Sate Menjadi Keras Dan Gosong - Kabar Surabaya

Breaking

Friday, July 31, 2020

Jangan Lakukan Ini Jika Tak Ingin Olahan Sate Menjadi Keras Dan Gosong


Kabar Surabaya - Saat Hari Raya idul Adha seperti saat ini akan banyak bermunculan para pembuat sate dadakan. Pembuat sate ini adalah masyarakat yang sudah menerima daging kambing atau sapi Qurban. Biasanya hampir disetiap rumah akan mengolah daging menjadi olahan menu sate. Sate dinilai sebagai sangat praktis dan tidak terlalu rumit untuk membuatnya.


Meskipun tidak terlalu rumit, namun banyak orang yang seringhkali melakukan kesalahan mendasar saat mengolahnya. Hal ini berakibat fatal. Biasanya olahan sate yang mereka buat akan bertekstur keras dan dagingnya berwarna kehitaman. Jika sate ini tetap disajikan tentu saja akan membuat tentu saja akan membuat anggaota keluarga anda merasa kecewa.

Untuk mengolah daging menjadi sate yang lezat, empuk dan guruih sebenarnya cukup mudah. Namun ternyata  masyarakat biasanya masih kerap melakukan kesalahan mendasar saat mengolah makan sate ini. Kesalahan pertama adalah mengolah daging menjadi sate saat daging baru saja di terima.


Daging sapi atau kambing yang baru saja hendaknya didiamkan dulu selama 24jam. Hal ini agar tekstur daging dan seratnya menjadi lemas saat akan diolah. Daging dalam keadaan segar secara alami teksturnya akan keras, meskipun itu adalah diging sapi atau kambing muda. Daging akan lebih empuk lagi apabila selama di simpan dalam waktu 24 jam di taburu dulu baking soda pada permukaannya.

Setelah 24 jam daging akan bisa di olah menjadi kudapan sate yang empuk dan gurih. Pastikan juga cara memotong dagingnya sudah benar, yaitu berlawanan dengan arah serat. hal ini akan membuat daging menjadi empuk.


Tips kedua adalah penggunaan minyak goreng atau mentega. Pada saat membakar sate, kebanyakan orang akan mengoleskan minyak atau mentega diatas permukaan daging. hal ini bertujuan agar daging tidak lengket pada alat panggangan yang ada. Namun hal ini malah berakibat fatal. Minyak atau mentega yang menetes dari daging akan mengenai bbara api sehingga api akan naik membakar daging.

Kondisi ini akan membuat daging menjadi gosong dan dan berwarna kehitaman. Efeknya tentu saja akan membuat daging menjadi pahit dan kering. Sebenarnya yang terpenting adalah memastikan kalau panggangan yang akan digunakan sudah mencapai suhu yang optimal atau panas. kalau panggangan sudah panas maka daging sate tidak akan terlalu lengket saat dipanggang, meskipun ganya diolesi sedikit minyak dan mentega.

Pengolesan bumbu bisa dilakukan saat sate dipanggang, namun cukup tipis-tipis saja. Setelah sate selesai dipanggang dalam keadaan panas baru bumbu dalam jumlah banyak bisa ditambahkan. Itulah sedikit Tips dari admin dan selamat menjadi Tukang Sate dadakan yang Profesional bak Chef Hotel Bintang lima  (yyan)



No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad