Gubenur Khofifah : Berdasarkan Kajian Pakar, PSBB Level Provinsi layak Dilaksanakan - Kabar Surabaya

Breaking

Sunday, May 17, 2020

Gubenur Khofifah : Berdasarkan Kajian Pakar, PSBB Level Provinsi layak Dilaksanakan

Gubenur Khofifah : Berdasarkan Kajian Pakar, PSBB Level Provinsi layak Dilaksanakan


Kabar Surabaya - Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, saat ini kasus positif di wilayah Jatim sudah mencapai 2.088 kasus. Sedangkan di Kota Surabaya sendiri kasus positifnya sudah mencapai 1.035 kasus. Sampai saat ini keseluruhan wilayah Jawa Timur sudah berada dalam zona marah, yang artinya penyebaran Virus COVID-19 ini sudah merata hingga ke semua wilayah.

Hal inilah yang akhirnya membuat Gubenur Jawa Timur mengkaji-nya untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk level Provinsi Jatim. Tujuan PSBB level Provinsi adalah untuk menekan angka penyebaran Virus COVID-19 yang saat ini memang sudah mengkhawatirkan.

Kajian dari Gubenur Khofifah ini dilakukan dengan meminta pendapat dan kajian dari Tim Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga. Pakar dari Tim Epidemiologi UNAIR inilah yang menyatakan bahwa Provinsi Jawa Timur sudah layak untuk mengajukan PSBB level provinsi ke Kementrian Kesehatan.
Kajian dari Tim pakar Epidemiologi UNAIR ini meliputi dari angka pertumbuhan kasus Corona yang ada, Tingkat penyebarannya, Kasus Transmisi Lokal, Kasus dobling time serta Tingkat kematian yang ada di berbagai daerah di Provinsi jJwa Timur yang diakibatkan oleh paparan Virus COVID-19. Dari semua data -data yang telah dikaji ini, TIM FKM UNAIR telah merekomendasikan kepada Gubenur Khofofah untuk menerapkan PSBB dalam skala Provinsi Jatim.

Namun, masukan dan Kajian dari Tim FKM UNAIR masih akan dipertimbangkan secara matang oleh Gubenur Kofifah. Orang nomor satu di Provinsi Jawa Timur ini tidak mau gegabah untuk mengusulkan PSBB Level provinsi ke kementrian Kesehatan. Beliau berencana masih akan mendiskusikan masalah in bersama semua pemangku wilayah masing-masing serta Forkompimda yang ada di seluruh Jawa Timur.

"Nanti akan kita bahas secara komprehensif dan kaji lagi lebih dalam lagi, sebelum keputusan pelaksanaan PSBB Level Provinsi kita ajukan kepada Kementrian Kesehatan," jelas Gubenur Khofifah  

Keberhasilan Provinsi Jawa Barat dalam menekan angka penyebaran Virus Covid-19 setelah menerapkan PSBB level Provinsi inilah yang mungkin juga  meng-ilhami Gubenur Khofifah dalam melakukan hal yang sama. namun apapun itu, keputusan akhir berada di Gubenur Khofifah untuk menerapkan PSBB Level Provinsi jawa timur ini nantinya. (Yanuar Yudha)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad