Aliran PDAM Kembali Mati Akibat Tiang Pancang Proyek Kampus UINSA - Kabar Surabaya

Breaking

Sunday, May 17, 2020

Aliran PDAM Kembali Mati Akibat Tiang Pancang Proyek Kampus UINSA

Aliran PDAM Kembali Mati Akibat Tiang Pancang Proyek Kampus UINSA

Kabar Surabaya - Air adalah kebutuhan manusia yang paling mendasar. Mulai dari kebutuhan untuk minum, mandi maupun untuk memasak. hampir semua aktifitas manusia sangat membutuhkan aliran air bersih. Kebutuhan pasokan air bersih pada saat ini merupakan kebutuhan yang amat vital. Mengingat pada bulan ini adalah bulan puasa dimana banyak membutuhkan air untuk komsumsi maupun untuk beribadah. 



Kebutuhan akan pasokan air ini semakin urgent di saat masyarakat sedang menghadapi pandemi Virus COVID-19 seperti saat ini. Bagaimana tidak, mulai dari aksi cuci tangan dan penyemprotan desinfektan tentunya sangat membutuhkan air. 

Namun, saat ini masyarakat Kota Surabaya, khususnya di kawasan Surabaya Timur sedang menghadapi situasi yang amat pelik. Hal ini dikarenakan pasokan aliran air dari PDAM yang terganggu, bahkan mati total. Kondisi ini dialami warga mulai pada Hari Minggu (17/05/2020) siang, menjelang pukul 12.00wib. Air yang seharusnya mengalir lancar tiba-tiba tanpa pemberitahuan sebelumnya, langsung berhenti mendadak.



Ternyata, aliran air bersih dari PDAM ini terganggu akibat hantaman tiang pancang pada proyek pembangunan Kampus Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Kota Surabaya (UINSA). Tiang pancang proyek pembangunan kampus ini menghantam pipa PDAM dengan diameter 1000mm dan mengakibatkan pecahnya pipa air tersebut. Proyek pembangunan kampus UINSA ini berada di kawasan Gunung Anyar Kota Surabaya.

Akibatnya bisa segera ditebak, hampir semua aliran air di kawasan Surabaya Timur ini mengalami ganggungan. Ada yang debit airnya mengecil atau malah tidak bisa mengalir sama sekali. Kawasan-kawasan yang terdampak ini adalah Perumahan Pondok Tjandra, kawasan Gunung Anyar, Perumahan Purimas, Medokan Ayu, Rungkut Madya, Pandugo, Kedung Baruk, Semampir, Mulyosari, Sutorejo, Galaxy, Kenjeran, Nambangan, Bulak Rukem, Setro, Kedung Cowek, Tambak Wedi, Kedinding, dan sekitarnya.



Saat ini petugas dari PDAM didampingi oleh Camat Gunung Anyar Anna Fajriatin sedang memantau kondisi di lapangan. Hingga detik ini pihak PDAM masih belum bisa memastikan sampai kapan pengerjaan pipa yang pecah ini akan selesai dilaksanakan dan pasokan air bersih untuk masyarakat bisa kembali normal

Uniknya, gangguan aliran air bersih dari PDAM ini ternyata mengulang kasus yang pernah terjadi sebelumnya. Pada dua bulan yang lalu, masih di kawasan Gunung Anyar, juga terjadi gangguan aliran air PDAM. Kasusnya juga sama persis, yaitu pecahnya pipa PDAM berdiameter 1000mm akibat dari hantaman tiang pancang pembangunan Masjid As-salam yang ada di Perumahan Purimas.



Hantaman tiang pancang ini menyebabkan pecahnya pipa berdiameter 1000mm milik PDAM yang bertugas mengalirkan pasokan air ke kawasan Surabaya Timur mengalami gangguan. Proses pengerjaan gangguan ini pada waktu itu terkendala oleh musim hujan sehingga memakan waktu hampir seminggu. Hal ini membuat masyarakat di kawasan Surabaya Timur ini terpaksa patungan untuk membeli air bersih. (Yanuar Yudha)

6 comments:

  1. Tidak ada koordinasi & dimana peta lokasi pipa?klo pipa gas ada patok nya.Supaya gak terjadi u kali ke 3 dst nya.

    ReplyDelete
  2. Terus berulang u kali ke 2,krn tidak ada koordinasi.

    ReplyDelete
  3. Kinerja payah sama seperti case sebelumnya di gunung anyarvdan grahadi. Kami pesan air tangki dari pkl 06.00 sd 24.00 gak pernah datang airnya. Sdh kami komplain ke 7 orang di call center sama saja cuman janji doang.

    ReplyDelete
  4. Mohon kinerja diperbaiki!!! Terutama penanganan setelahnya. Seperti case digunung anyar dan perbaikan di grahadi. Air yang dijanjikan tdk kunjung datang. Sdh kami pesan dari pkl 06.00 sd 24.00 air g pernah datang

    ReplyDelete
  5. Kinerja parah. Air kami pesan dari pkl 06.00 sd 24.00 tdk kunjung datang, Dihubungi 7 kali ke call center sama saja cuman janji

    ReplyDelete
  6. trus kapan selesai perbaikannya ini..bisa jadi cluster baru klo gak ada air

    ReplyDelete

Post Bottom Ad