Posisi Kapal Selam Nanggala 402 Terdeteksi Dikedalaman 850 Meter - Kabar Surabaya

Terbaru

Saturday, April 24, 2021

Posisi Kapal Selam Nanggala 402 Terdeteksi Dikedalaman 850 Meter

Posisi Kapal Selam Nanggala 402 Terdeteksi Dikedalaman 850 Meter


Kabar Surabaya - Pencarian dari Kapal Selam Nenggala 402 hingga saat ini masih terus dilakukan dengan seksama dan berpacu dengan waktu. Hal ini dikarenakan faktor keselamatan awak Kapal Selam tersebut sangat tergantung dari kecepatan proses evakuasi yang akan dilakukan. Semakin cepat bisa dievakuasi maka makin besar juga kemungkinan ke-53 awak kapal selam tersebut bisa selamat.

 

Pencarian Kapal Selam Nenggala 402 ini juga telah melibatkan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, India, Australia dan Amerika Serikat. Semua negara sahabat ini mengerahkan armada terbaiknya untuk membantu proses pencarian dari kapal Selam yang dijuluki sebagai Monster Laut ini.

 

Pada Hari Sabtu (24/04/2021) ini sebuah titik terang mengenai keberadaan Kapal Selam Nenggala 402 sudah mulai nampak. Hal ini ditandai dengan penemuan tumpahan minyak dan serpihan dari KRI Nenggala 402 tersebut. Serpihan yang ditemukan ini seperti pelurus Terpedo, Botol berwarna orange yang berisi pelumas periskop dan pembungkus pipa pendingin, Semua barang tersebut ditemukan dalam jarak 10 km dari koordinat pencarian.

 

Dengan ditemukannya barang-barang tersebut, maka status dari Kapal Selam Nenggala 402 tersebut menjadi naik menjadi Subsunk yang awalnya masih submiss. Status ini menunjukkan kalau kapal selam buatan Jerman tersebut benar-benar tenggelam didasar laut.

 

Tidak tanggung-tanggung Kapal Selam Nenggala 402 ini terdeteksi dikedalaman 850meter. Padahal kemampuan dari Kapal Selam ini hanyalah maksimal pada kedalaman 500meter saja. Hal ini berarti sudah hampir dua kali lipat dari kemampuannya. Dengan tekanan air yang sangat kuat tentunya kondisi ini sangat membahayakan.

 

Meski demikian saat ini semua pihak masih terus berusaha untuk bisa mengevakuasi KRI Nenggala 402. Harapannya semua awak kapal selam tersebut bisa ditemukan dengan keadaan selamat. (yyan)  


1 comment:

  1. Turut berduka sedalam-dalamnya atas gugurnya para abdi negara.

    ReplyDelete

Post Bottom Ad