BREAKING NEWS : Perkembangan Terbaru Kapal Selam yang Jatuh Ke Palung Sedalam 700meter - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, April 22, 2021

BREAKING NEWS : Perkembangan Terbaru Kapal Selam yang Jatuh Ke Palung Sedalam 700meter

BREAKING NEWS : Perkembangan Terbaru Kapal Selam yang Jatuh Ke Palung Sedalam 700 meter


Kabar Surabaya - Sebagaimana diketahui bersama, bahwasannya saat ini pihak TNI sedang berusaha keras untuk menemukan salah satu Alutsistanya yang hilang di perairan selat Bali. Alutsista ini berupa kapal selam buatan German tahun 1979. Kapal Selam bernama KRI Nanggala 402 ini dinyatakan hilang kontak pada hari Rabu (21/04/2021) pagi 


Sejatinya kapal selam ini akan mengikuti latihan bersama dalam rangka penembakan torpedo. Sebelumnya KRI Nanggala 402 ini berada di posisi utara Pulau Bali. Kapal selam yang ditumpngi oleh  53 awak ini mendapatkan izin untuk melakukan penyelaman pada pukul 03.00wib. Kemudian kapal selam ini masih terdeteksi dengan pada pukul 03.30wib. 


Namun saat diberikan izin untuk meluncurkan Tornado, KRI Nanggala 402 sudah tidak bis terdeteksi lagi. Kapal ini tampak tidak merespon izin peluncuran Tornado yang telah diberikan. Kapal selam berukuran besar ini seharusnya sudah naik ke permukaan pada pukul 05.15wib. Setelah dinantikan hingga pukul 06.46 kapal selam ini tidak muncul juga ke permukaan, kapal selam ini akhirnya dinyatakan hilang kontak dan mulai dilakukan pencarian.

 

Dari dugaan awal, KRI Nanggala 402 ini diperkirakan mengalami black Out atau mati total pada seluruh sistim kelistrikannya. Akibatnya cukup fatal, kapal selam ini tidak memiliki tenaga untuk menghidupkan mesin dan disinyalir karam di sebulah palung dengan kedalaman 700 meter dibawah permukaan air. Saat karam, kapal selam ini membawa 53 awak kapal yang terdiri dari 49 anak buah kapal, 1 komandan satuan, dan 3 personel arsenal.

 

Untuk melakukan pencarian ini, pihak TNI mengerahkan seluruh tenaganya, mulai dari atas (pesawat terbang dan helicopter serta dari laut dengan mengerahkan KRI). Saat melakukan pencarian dilokasi terakhir KRI Nanggala 402, tim pencari melihat adanya tumpahan minyak. Selain itu KRI Raden Eddy Martadinata-331 juga mendeteksi adanya gerakan sebesr 2.5 knot di dasar laut.

 

Namun pihak TNI msih belum bisa menyimpulkan apapun dari bukti-bukti tersebut karena dinyatakan masih mini. Pergerakn yng sudah bia terdeteksi tersebut jug tidk berlangsung lama dan langsung hilang. Hal ini seperti yang diungkap oleh Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad, bahwa semua data tersebut belum bisa membuktikan adanya kapal selam.

 

"Masih belum cukup data untuk mengidentifikasikn bahwa kontak yang dimaksud tersebut sebagai kapal selam," ucapnya.

 

Memang hingga saat ini pihak TNI masih belum mengeluarkan pernyataan secara resmi mengenai penemuan lokasi keberadaan Kapal Selam Nanggala 402. Meki demikian semua pihak sangat berharap dan berdoa supaya semua prajurit TNI yang ada dalam kapal selam itu bisa selamat. (yyan)


5 comments:

  1. 7 Fakta Tenggelamnya KRI Nanggala-402 di Laut Bali, 47 Awak Kapal Warga Jatim Lihat Disini

    ReplyDelete
  2. Breaking news on Google is something the California based organization was not expected to get into when it was framed. All things considered, not very many individuals might have anticipated the fleeting ascent of the organization. Race and crime.

    ReplyDelete
  3. between linkages of broad communications materials to the educational program being instructed, reflecting broad communications materials as practical springboards for directions, recognizing some critical markers of media proficiency. Caribbean heritage month

    ReplyDelete
  4. Experienced merchants perceive the impacts of worldwide changes on Foreign Exchange (Forex/FX) markets, financial exchanges and prospects markets. https://kidmoses.com/

    ReplyDelete

  5. Low inertness news channels give key monetary information to complex market members for whom speed is a main concern. All Bangla Newspaper

    ReplyDelete

Post Bottom Ad