Kapal Selam KRI Nanggala 402 Terbelah Tiga, Isinya Berserakan - Kabar Surabaya

Terbaru

Sunday, April 25, 2021

Kapal Selam KRI Nanggala 402 Terbelah Tiga, Isinya Berserakan

Kapal Selam KRI Nanggala 402 Terbelah Tiga, Isinya Berserakan


Kabar Surabaya - Setelah dilakukan pencarian selama 72 jam lebih, akhirnya posisi Kapal Selam Nenggala 402 telah bisa diketemukan dengan pasti. Namun harapan banyak orang dan pihak keluarga ke-53 awak kapal selam yang menginnginkan agar mereka selamat sepertinya harus pupus. Hal ini dikarenakan kondisi dari kapal selam tersebut yang pecah menjadi beberapa bagian.

 

Perihal gugurnya para prajurit yang disebut sebagai Hiu Kencana tersebut diungkap oleh panglima TNI Hadi Tjahjanto pada hari Sabtu (24/04/2021) kemarin. “Atas nama seluruh para prajurit dan keluarga besar TNI, saya selaku Panglima TNI, ijinkan untuk menyampaikan rasa duka cita yang sangat mendalam  kepada seluruh keluarga para prajurit yang telah gugur. Semoga Tuhan Yang Maha Besar selalu memberikan keikhlasan, kesabaran, dan ketabahan,” tutur Hadi Tjahjanto

 

Selaku panglima TNI beliau menyatakan bahwa prajurit-prajurit terbaik Hiu kencana tersebut telah gugur saat melaksanakan tugas di Perairan Utara Bali. 

 

Mengenai kondisi dari kapal Selam Nenggala 402 sendiri Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono memaparkan bahwa KRI Nanggala 402 sudah ditemukan di kedalaman 838 meter di bawah permukaan laut di perairan Bali Utara. Pada perkiraan awal sebelumnya kapal selam ini dideteksi pada kedalaman 850 meter.

 

Penemuan Kapal Selam KRI Nenggala 402 ini diawali oleh ROV (robot bawah laut) yang dimiliki oleh KRI Rigel. Namun karena kemampuan ROV Rigel maksimal hanya mencapai 800 meter saja, akhirnya diserahkan kepada ROV milik MV.Swift Rescue milik Singapura.

 

Tepat pukul 09.04wita, akhirnya penampakan fisik dari KRI Nenggala 402 terlihat dengan sangat jelas. Tragisnya Kapal Selam yang dijuluki sebagai Monster Laut tersebut terbelah menjadi tiga bagian. Beberapa bagian yang tampak dalam gambar ROV tersebut adalah jangkar, kemudi selam timbul, kemudi vertikal belakang dan beberapa bagian lain termasuk baju keselamatan.

 

"Ada satu bagian yang terbuka dan isinya berserakan, namun tidak terlalu jelas karena posisinya di dalam laut. Tampak pula bagian belakang dan bagian depan di luar badan tekan yang terlepas. Yang terlihat masih utuh juga terjadi keretakan karena kedalamannya yang sangat dalam menjadi kecil," terang KASAL.(yyan)

1 comment:

  1. 7 Fakta Tenggelamnya KRI Nanggala-402 di Laut Bali, 47 Awak Kapal Warga Jatim Lihat Disini

    ReplyDelete

Post Bottom Ad