Rupanya Ini Penyebab Seragam Satpam Dibuat Mirip Dengan Seragam Polisi - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, April 14, 2021

Rupanya Ini Penyebab Seragam Satpam Dibuat Mirip Dengan Seragam Polisi

Rupanya Ini Penyebab Seragam Satpam Dibuat Mirip Dengan Seragam Polisi


Kabar Surabaya - Polisi dan Satpam/Security adalah profesi yang berbeda antara satu dengan lainnya. Secara tugas, jabatan, pendidikan dan satuan unitnya sangatlah berbeda jauh. Kepolisian pasti jauh lebih kompleks dan rumit daripada Satpam. Meskipun sebenarnya ada salah satu tugas yang sama diantara keduanya, yaitu menciptakan keamanan dimasyarakat. 

 

Namun, baru-baru ini ada fenomena yang cukup menarik. Tampak di beberapa kesempatan terlihat petugas Satpam mengenakan seragam yang sama dengan milik petugas Polisi. Hal ini juga pernah ditemui oleh admin Kabar Surabaya saat melintas didepan kampus Universitas Negeri yang ada di kawasan Gunung Anyar. Tiba-tiba saja dari kejauhan tampak petugas mirip Polisi terlihat mengatur keluar msuk kendaraan di depan kampus tersebut.

 

Namun saat diperhatikan dari dekat, lambang yang ada di Topi dan Lengan sedikit berbeda. Lambangnya bukan lambang Polisi,melainkan lambang yang biasa digunakan oleh Satpam. Meskipun di lengan juga ada lambang Polda. Rupanya seragam Satpam yang baru ini memang sengaja dibuat mirip dengan seragam Kepolisian.

 

Meskipun sekilas terlihat sangat mirip, namun masih ada beberapa perbedaan anatara seragam Polisi dan seragam Satpam yang baru, yaitu gradasi warnanya 20% lebih muda (coklat muda), Lalu tulisan nama dan Satpam di bagian dada berlatar belakang putih. Perbedaan terakhir ada di logo Polda, kalau Polisi ada disebelah sebelah kiri, kalau Satpam ada di pundak kanan.

 

Dengan seragam baru ini, seragam Satpam yang biasanya terdiri dari kemeja putih dengan bawahan biru, praktis berubah menjadi coklat-coklat. Mirip seperti seragam Polisi yang sesungguhnya

 

Ternyata, pemiripan seragam Satpam dan Polisi ini sudah sesuai dengan beleid Peraturan dari Kepolisian Nomor 4 Tahun 2020 mengenai Pengamanan Swakarsa. Aturan itu berlaku setelah satu tahun diundangkan. Sedangkan aturan ini diundangkan pada tanggal 5 Agustus 2020.

 

Brigjen Awi Setiyono selaku Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri mengungkapkan bahwa Filosofi seragam Satpam yang baru ini identik dengan warna dari tanah kayu, maupun batu yang sifatnya warna alami. Selain itu, warna cokelat dianggap sebagai warna netral yang melambangkan kehangatan, kebersahajaan, stabilitas,  fondasi, keanggunan, rasa aman dan nyaman, rasa percaya, kejujuran dan 
ketabahan,

 

Masih menurut Awi, kemiripan seragam Satpam dengan Polri ini diharapkan bisa menjalin kedekatan secara emosional antara Polri dan Satpam. Kemudian bisa menumbuhkan rasa kebanggaan profesi Satpam Selain itu juga memuliakan profesi Satpam. Dan terakhir dpat menambah penggelaran fungsi kepolisian di masyarakat. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad