Gawat.. Cadangan Oksigen Kapal Selam Nenggala 402 Tinggal Beberapa Jam Lagi - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, April 23, 2021

Gawat.. Cadangan Oksigen Kapal Selam Nenggala 402 Tinggal Beberapa Jam Lagi

Gawat.. Cadangan Oksigen Kapal Selam Nenggala 402 Tinggal Beberapa Jam Lagi


Kabar Surabaya - Hingga saat ini pihak TNI masih terus berupaya untuk menemukan kapal selam Nenggala 402 yang diketahui hilang komtak diperairan Selat Bali. Kapal selam ini sejatinya akan mengikuti latihan gabungan bersama dengan komponen TNI yang lainnya. Namun saat akan menembakkan topedo-nya kapal selam ini diduga mengalami error pada kelistrikannya (Black Out).


Kapal Selam Nenggala 402 ini saat tenggelam membawa 53 awak kapal didalamnya. Kapal Selam Nenggala 402 ini merupakan kapal selam yang dipesan dan didatangkan dari negara German pada tahun 1981. Ukuran kapal selam ini cukup besar, yakni 59.5 meter panjangnya dan 6.3 meter untuk lebarnya. Sedangkan ketinggiannya dikisaran 5.5 meter. Untuk bobotnya sendiri mencapai 1.395 ton.

 

Saking besarnya, Kapal Selam Nenggala ini memiliki julukan sebagai monster laut. Meskipun sudah berusia 44 tahun, namun Kapal Selam ini masih mampu untuk menyelm selama 3 bulan berturut-turut di bawah permukaan air dengan kedalaman 250 meter. 


Saat menyelam, Kapal Selam Nenggala 402 ini memiliki kemampuan untuk menyimpan cadangan oksigen selama 72 jam lamanya. Namun sejak dinyatakan hilang kontak pada Hari Rabu (21/4/2021) kemarin, maka persediaan oksigen yang ada hanya akan mampu bertahan hingga hari Sabtu (24/04/2021) tepat pukul 03.00wib. Hal ini berarti tinggal beberapa jam lagi.

 

Hal ini seperti yang dijelskan oleh KSAL Laksamana Yudo . "Black out bisa sampai hari Sabtu (24/4) pukul 0300wib. mudah-mudahan bisa segera ditemukan, sehingga cadangan oksigennya masih ada," 


Sampai saat ini pencarian masih terus dilakukan dengan mengerahkan semua alutsista yang ada, termasuk kapal-kapal yang memiliki fasilitas sonar. Hal ini sangat diperlukan mengingat, sudah tidak ada pergerakan lagi dari dasar laut yang bisa menjadi petunjuk keberdaan Kapal Selam naas ini. 

 

Pencarian dari Kapal Selam Nenggala 402 ini juga dilakukan oleh negara-negara tetangga, seperti Malaysia, Singapuram, Australia dan India. Tentunya semua pihak sangat berpacu dengan waktu agar semua awak kapal selam Nenggala 402 ini bisa ditemukan dengan keadaan selamat.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad