Resepsi Hari Jadi Kota Surabaya Ke 731 Dimeriahkan Sendratari Dan Pesta Tumpeng Raksasa - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, May 31, 2024

Resepsi Hari Jadi Kota Surabaya Ke 731 Dimeriahkan Sendratari Dan Pesta Tumpeng Raksasa

Resepsi Hari Jadi Kota Surabaya Ke 731 Dimeriahkan Sendratari Dan Pesta Tumpeng Raksasa


Kabar Surabaya - Perayaan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-721 di Balai Kota Surabaya pada Jumat (31/5/2024) berlangsung dengan meriah. Dipimpin oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, acara tersebut menampilkan pertunjukan budaya oleh siswa dan pemuda di Kota Pahlawan.


Salah satu atraksi menarik adalah pengibaran Panji Surabaya, pertunjukan seni musik patrol oleh siswa SD di Surabaya, serta kolaborasi seni dan budaya oleh para seniman kota. Musik patrol ini dikreasikan dengan dinamis, dipadukan dengan tarian para seniman cilik.



Setelah pertunjukan musik patrol, acara dilanjutkan dengan pagelaran seni budaya oleh para seniman. Berjudul "Semarak Surabaya", pertunjukan ini mengisahkan keberanian dan keluhuran nilai budaya. Seni tari ini terinspirasi dari tokoh tradisi lokal, Joko Jumput, putra Ibu Praba Kinco, yang dengan bekal pecut gembolo Geni dan ramuan mujarab dari ibunya, berhasil mengembangkan Surabaya menjadi kawasan yang didatangi berbagai suku dan masyarakat.


Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengapresiasi penampilan tersebut.

"Tampilan seni ini yang membedakan dengan resepsi HJKS di tahun sebelumnya," kata Cak Eri usai acara. Pertunjukan seni Surabaya menunjukkan bahwa Surabaya dibangun dengan kebersamaan dan keberagaman," ujarnya.


Bagi Wali Kota Eri, momentum HJKS ini penting untuk memperkuat gotong royong antar masyarakat. Beliau menegaskan kembali, untuk mewujudkan pembangunan di Kota Pahlawan diperlukan kerja sama semua pihak.

"Membangun Surabaya tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja. Dibutuhkan gotong royong seluruh pihak untuk bersama-sama memajukan kota menuju kesejahteraan," tambah Wali Kota Eri.


Selain pagelara seni, Masyarakat yang hadir di Balai Kota Surabaya juga disuguhkan pesta rakyat. Seusai acara warga dipersilahkan untuk mengambil tumpeng raksasa yang awalnya sudah dipotong oleh Walikota Surabaya Cak Eri Cahyadi. 


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad