DUH !!, Puluhan Calon Jemaah Haji Batal Berangkat, Hal Ini Jadi Penyebab Utamanya - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, May 10, 2024

DUH !!, Puluhan Calon Jemaah Haji Batal Berangkat, Hal Ini Jadi Penyebab Utamanya

DUH !!, Puluhan Calon Jemaah Haji Batal Berangkat, Hal Ini Jadi Penyebab Utamanya




Kabar Surabaya - Puluhan calon jemaah haji (CJH) yang sebelumnya bersemangat untuk menunaikan ibadah haji dari Embarkasi Surabaya harus menanggung kekecewaan karena batal berangkat ke tanah suci Mekkah. Keputusan ini diambil atas sejumlah alasan yang meliputi kondisi kesehatan yang memburuk, hingga situasi kehamilan.



Menurut Abdul Haris, Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, sebanyak 70 orang dari CJH harus membatalkan keberangkatan mereka. Beberapa di antara mereka meninggal dunia, sedangkan yang lainnya mengalami sakit serius. Tak hanya itu, ada pula yang terhalang untuk berangkat karena kondisi kehamilan atau alasan pribadi lainnya.




Haris menjelaskan bahwa jumlah CJH yang membatalkan keberangkatan ini masih bisa bertambah seiring waktu. Pengalaman dari tahun sebelumnya menunjukkan bahwa ada jemaah yang terpaksa membatalkan perjalanan mereka ke Mekkah setelah tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES).



"Dari laporan petugas saat itu, beberapa jemaah mengalami sakit dan harus dirawat di RSU Haji Surabaya ketika tiba di AHES. Ada yang baru diketahui hamil setelah menjalani pemeriksaan kesehatan di Poliklinik Embarkasi Surabaya. Ada juga yang menderita demensia atau masalah ingatan, sebagian besar dari mereka adalah jemaah lansia," jelas Haris.



Hingga saat ini, pihak PPIH masih terus memproses data terkait dengan CJH yang membatalkan keberangkatan mereka. Hal ini disebabkan oleh dinamisnya situasi dan bisa saja jumlah pembatalan bertambah dalam waktu yang tidak dapat diprediksi.



Untuk mengisi kekosongan yang diakibatkan oleh pembatalan keberangkatan tersebut, PPIH Embarkasi Surabaya sedang mengajukan pergantian calon jemaah haji.



Meskipun terdapat 70 CJH yang harus membatalkan perjalanan mereka, Haris memastikan bahwa semua calon jemaah haji sudah memperoleh visa dan sebenarnya sudah siap untuk berangkat ke tanah suci. Proses pemberian visa haji di Embarkasi Surabaya telah selesai, namun terdapat beberapa hambatan yang membuat sebagian dari mereka tidak dapat melanjutkan perjalanan

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad