Tanggal Hari Raya Idul Adha, Versi Pemerintah Dan Muhammadiyah - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, May 9, 2024

Tanggal Hari Raya Idul Adha, Versi Pemerintah Dan Muhammadiyah

Tanggal Hari Raya Idul Adha, Versi Pemerintah Dan Muhammadiyah


Kabar Surabaya - Hari Raya Idul Adha 2024 akan tiba dalam beberapa minggu mendatang, diperkirakan akan dirayakan secara serentak. Hari yang bermakna bagi umat Islam ini merupakan momen untuk berbagi kebahagiaan dan memperkuat ikatan spiritual dengan Allah SWT.


Perayaan Idul Adha, sesuai ajaran syariat, dilakukan melalui penyembelihan hewan kurban. Ini merupakan bagian dari ritual yang mengingatkan umat Islam akan pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan kebesaran Allah SWT.


Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Sayyid Sabiq dari kitab Tajrid at-Tamhid karya Ibnu Abdil Barr, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya hari-hari ini (hari nahr dan hari-hari tasyrik) adalah hari-hari untuk makan, minum, dan zikir kepada Allah SWT..."


Kapan tepatnya Idul Adha tahun 2024? Menurut kalender Hijriah, Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Zulhijah. Menurut prediksi, pada tahun ini, Hari Raya Idul Adha akan dirayakan pada tanggal 17 Juni 2024.


Pemerintah dan organisasi keagamaan seperti Muhammadiyah memainkan peran penting dalam menetapkan tanggal Idul Adha. Muhammadiyah, misalnya, telah menetapkan bahwa Idul Adha 1445 H akan jatuh pada tanggal 17 Juni 2024, dengan menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal.


Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, memprediksi bahwa Idul Adha 2024 kemungkinan akan dirayakan secara serentak. Prediksinya didasarkan pada posisi hilal pada akhir Zulkaidah yang masih -4 derajat, menyebabkan kesepakatan tentang penetapan 1 Zulhijah 1445 H pada tanggal 8 Juni 2024 dan Idul Adha 2024 pada tanggal 17 Juni 2024.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad