Ahmad Dhani Siap Tantang Eri Cahyadi Pada Pilwali Kota Surabaya - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, May 22, 2024

Ahmad Dhani Siap Tantang Eri Cahyadi Pada Pilwali Kota Surabaya

Ahmad Dhani Siap Tantang Eri Cahyadi Pada Pilwali Kota Surabaya


Kabar Surabaya - Pemilihan Wa;ilpta (pilwali) Surabaya tahun ini diprediksi akan berlangsung sangat kompetitif. Selain pasangan petahana Eri Cahyadi-Armuji yang telah memastikan akan maju kembali, musisi dan politikus Gerindra Ahmad Dhani Prasetyo juga siap meramaikan pemilihan wali kota (pilwali) Surabaya.



Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyampaikan kemarin (20/5) bahwa partainya sedang mempersiapkan Ahmad Dhani sebagai calon wali kota Surabaya. Pengumuman ini disampaikan Dasco saat menjawab pertanyaan mengenai perkembangan pilkada di Jawa Timur. Setelah memastikan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak sebagai kandidat untuk pilkada Jawa Timur, Dasco menyebutkan nama Dhani sebagai calon yang dipersiapkan untuk Surabaya.




”Untuk pilkada Surabaya, Partai Gerindra sedang mempersiapkan Ahmad Dhani untuk maju sebagai calon wali kota,” ujar Dasco kepada wartawan di kompleks gedung MPR/DPR RI. Namun, dia belum memberikan rincian lebih lanjut mengenai persiapan tersebut.



Sekretaris DPC Partai Gerindra Surabaya, Bahtiyar Rifai, menyatakan bahwa sejak awal nama Ahmad Dhani sudah menjadi salah satu kader internal yang dipertimbangkan sebagai bakal calon wali kota. Nama Dhani juga telah mendapat dukungan yang kuat di masyarakat. Karena itu, tidak mengejutkan jika DPP mengerucutkan rekomendasi kepada Dhani. ”Partai Gerindra sejak awal tidak membuka pendaftaran secara terbuka, tetapi memilih kandidat terbaik dari internal partai,” ujarnya.



Namun, hingga kemarin petang, DPC Gerindra Surabaya belum menerima informasi resmi mengenai rekomendasi untuk Dhani. Keputusan partai bisa saja berubah sesuai dengan dinamika politik di Kota Pahlawan. Ada kemungkinan kader lain dapat menggantikan Dhani sebagai kandidat utama. ”Ini masih wacana, tetapi mudah-mudahan iya. Kami siap mendukung bila keputusan itu jatuh pada Ahmad Dhani. Kami siap memenangkannya,” tegas Bahtiyar.


Arah dukungan partai akan diputuskan pada rapat pimpinan cabang (rapimcab) yang dijadwalkan berlangsung pada Juni atau Juli. ”Ada nama lain dari kader internal yang juga ikut dalam penjaringan, seperti Hadi Dediansyah yang saat ini menjabat di legislatif DPRD Jatim. Incumbent Eri Cahyadi juga masuk dalam perhitungan,” tambahnya.



Sementara itu, kontestasi Pilwali Surabaya 2024 masih minim calon. Hanya ada satu bakal penantang yang telah menyatakan kesiapannya maju, yaitu Arif Fathoni, kader sekaligus ketua DPD Partai Golkar Surabaya. Dia menjadi satu dari dua nama yang mendapat surat tugas dari Golkar untuk maju dalam pilwali bersama Eri Cahyadi.



Pasangan yang diusung PDIP, Eri Cahyadi-Armuji, terus menggalang dukungan dari partai lain. Selain PDIP, sudah ada lima partai yang mereka dekati untuk mendapatkan dukungan: PKB, PPP, Nasdem, dan Demokrat. ”Kami ingin mengajak partai-partai tersebut untuk bersama-sama membangun Surabaya, bukan untuk menunjukkan kekuatan. Kami ingin melepaskan bayang-bayang masa lalu yang selalu menunjukkan kekuatan satu pihak terhadap pihak lain,” papar Eri.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad