Mulai Hari Ini, Kota Surabaya Tutup Semua Sebagian fasilitas Umum, Termasuk Sekolah - Kabar Surabaya

Breaking

Monday, March 16, 2020

Mulai Hari Ini, Kota Surabaya Tutup Semua Sebagian fasilitas Umum, Termasuk Sekolah

Mulai Hari Ini, Kota Surabaya Tutup Semua Sebagian fasilitas Umum, Termasuk Sekolah

Kabar Surabaya - Semakin hari, perkembangan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 sudah mencapai tahap yang mengkhawatirkan. Data terakhir yang telah dirilis oleh pemerintah melalui Juru Bicara pemerintah untuk penanganan Virus Corona, saat ini telah ada sebanyak 117 kasus pasien yang dinyatakan positif Corona . Data  pasien yang telah meninggal sebanyak lima pasien. Saat ini juga banyak pasien yang masih menjalani karantina sebagai suspect maupun Orang Dalam Pantauan (ODP).


Akibat serangan dari Virus Corona ini, banyak kota-kota di Indonesia yang melakukan antisipasi secara masif. Contohnya Kota Jakarta yang telah memiliki Command Center khusus penanganan Virus Corona. Kota Solo bahkan sudah menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) di wilayahnya. Hal ini dikarenakan terdapat salah satu pasien dari Kabupaten Magetan yang telah meninggal dunia akibat Virus Corona saat dirawat di Kota Solo.

Lantas. bagaimana dengan, Kota Surabaya sendiri..?. Untuk meminimalisir penularan Virus Corona, Pemerintah Kota Surabaya juga melakukan  langkah-langkah antisipatif secara aktif.  Beberapa di antaranya adalah :


Penutupan Sekolah : Mulai hari ini, semua sekolah baik untuk PAUD hingga jenjang SMU di liburkan hingga satu pekan mendatang. Meskipun pengumuman ini di bagikan secara mendadak (Minggu, 15/03/2020), namun berkat teknologi media sosial, pengumuman ini bisa segera tersampaikan. Pemkot Surabaya juga menegaskan, bahwa penutupan sekolah bukan berarti liburan. Namun mereka harus melakukan kegiatan belajar di rumah masing-masing


Namun, liburan sekolah ini tidak dialami oleh mereka yang duduk di kelas 12 (kelas 3) SMA maupun SMK. Pada hari ini mereka tetap harus masuk sekolah, mengingat hari ini adalah jadwal untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Mereka tetap masuk seperti biasa, namun sebelum masuk kelas para peserta ujian ini harus memakai hand sanitizer yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Selain itu mereka juga dianjurkan untuk memakai masker kesehatan.  

Penutupan Fasilitas Umum Milik Pemkot : Per-hari Senin (16/03/2020) ini, Pemkot Surabaya melakukan penutupan terhadap berbagai fasilitas umum milik mereka. Penutupan ini berlaku di Perpustakaan Kota Surabaya, Rumah Bahasa, Program Wisata Surabaya Surabaya Shopping and Culinary Track, Co-Working Space Siola dan Museum. 


Museum yang ditutup oleh Pemkot Surabaya ini adalah : Museum 10 November, Museum WR.Supratman, Museum Surabaya (Siola), Museum HOS Cokroaminoto, Museum Dr.Soetomo dan Museum Pendidikan Surabaya. Museum-Museum ini di tutup hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

Bagikan Hand Sanitizer : Sampai saat ini Dinas kesehatan Kota Surabaya masih tetap memproduksi cairan Hand Sanitizer yang akan dibagian secara gratis ke Sekolah, Kantor milik pemerintah, Fasilitas umum yang masih buka, lokasi wisata, maupun taman kota se-Surabaya.

Anjuran Tidak bersalaman : Pemkot Surabaya juga mengeluarkan himbauan agar tidak bersalaman saat menyapa seseorang. Cukup rapatkan kedua permukaan tangan  seperti halnya saat mengucapkan salam lebaran. Hal ini untuk menghindari kontak langsung antar manusia. 


Gratiskan Biaya Pemeriksaan Virus Corona : BPJS secara terang benderang mengatakan kalau tidak meng-cover biaya kesehatan untuk Virus Corona. Namun warga Kota Surabaya tidak perlu khawatir, Pemkot Surabaya siap untuk meng-gratiskan semua biaya pemeriksaan Virus Corona di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA). Bahkan, mobil ambulance siap untuk menjemput jika yang bersangkutan membutuhkan layanan antar jemput.

Siapkan Aplikasi Layanan Kependudukan : Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) juga telah melakukan pembaharuan pada sistim aplikasinya. Saat ini semua warga Kota Surabaya bisa meng-akses kebutuhan dokumen kependudukan langsung dari HP masing-masing tanpa perlu datang ke kantor Kecamatan maupun Siola.


Dalam aplikasi ini warga dapat mengurus Akte Kelahiran, Akte Kematian, pidah domisili maupun mengurus akte perkawinan serta banyak lagi lainnya, Link untuk aplikasi ini adalah : lampid.surabaya.go.id

Jadi, mari kita dukung langkah Pemerintah Kota Surabaya ini agar Kota Pahlawan ini bisa senantiasa terhindar dari wabah Virus Corona yang semakin menjadi. (Kota Surabaya)  

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad