Atasi Kelangkaan Hand Sanitizer, Kampung Sereh Rungkut Barata Produksi Khusus Untuk Warga - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, March 18, 2020

Atasi Kelangkaan Hand Sanitizer, Kampung Sereh Rungkut Barata Produksi Khusus Untuk Warga

Atasi Kelangkaan Hand Sanitizer, Kampung Sereh Rungkut Barata  Produksi Khusus Untuk Warga

Kabar Surabaya - Gejolak serangan virus corona atau yang disebut juga dengan covid-19 ini membuat masyarakat sedikit panik, Kepanikan ini dapat dilihat dari langkanya komoditi produk kesehatan. Produk kesehatan yang saat ini paling langka adalah Masker Kesehatan dan Hand Sanitizer.


Kedua produk kesehatan tersebut saat ini sangat jarang ditemukan, baik  di toko-toko maupun di supermarket. Kalaupun ada, harganya sangatlah mahal. Mahalnya harga ini juga dapat dilihat pada situs jual beli online maupun di media sosial. 

Padahal, saat ini pemakaian Hand Sanitizer sangat di anjurkan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Bahkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini telah memasang sebanyak 98 titik lokasi cuci tangan yang dilengkapi dengan Hand Sanitizer pada tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi oleh warga.


Kelangkaan Hand Sanitizer inilah yang akhirnya membuat para pegiat Kampung Sereh Rungkut Barata, tergerak untuk memproduksi sendiri. Berdasarkan bimbingan dari salah satu warga yang cukup ahli di bidang kimia, akhirnya Kampung Sereh berhasil melakukan mengembangkan sekaligus melakukan produksi Hand Sanitizer dengan aroma khas sereh wangi yang menyegarkan.

Yanuar Yudhatama alah satu pengurus Kampung Sereh menuturkan bahwa apa yang dilakukannya bersama para pengurus ini semata-mata ingin membuat warga di wilayah Rungkut Barata merasa aman dari serangan Virus Corona. Namun Yanuar juga selalu mengingatkan bahwa ccuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun juga cara yang ampuh untuk menghilangkan kuman.


Bahan utama dari Hand Sanitizer produksi Kampung Sereh Rungkut Barata ini adalah Alkohol 95%. lalu ditambahkan dengan bahan campuran lainnya serta Citronella Pure Essential Oil (Minyak Sereh Murni) sebagai penambah aroma. Selain sebagai penambah aroma, kandungan minyak sereh ini juga bisa membuat pemakainya aman dari gigitan serangga/nyamuk

 Untuk mendapatkan Hand Sanitizer produksi Kampung Sereh ini, warga cukup mengganti ongkos produksinya saja. Karena, pada dasarnya produk Hand Sanitizer ini tidak diperjual-belikan untuk umum dan hanya dipakai untuk kalangan sendiri.


"Di sini pengurus hanya membantu memproduksi saja, semua biaya di tanggung bersama, karena ini memang kembali untuk kebutuhan warga kampung Sereh Rungkut Barata sendiri," terang Yanuar. 

Rupanya produksi Hand Sanitizer dari Kampung Sereh Rungkut Barata ini sangat diminati warganya. Hal ini terbukti dari selalu penuhnya pesanan cairan pembunuh kuman ini yang di tawarkan dengan cara Open PO (pesan terlebih dahulu). (Yanuar Yudhatama)

4 comments:

  1. This post is very simple to read and appreciate without leaving any details out. Great work! hand sanitizer spray

    ReplyDelete
  2. Wow! Such an amazing and helpful post this is. I really really love it. It's so good and so awesome. I am just amazed. I hope that you continue to do your work like this in the future also 20-yard dumpster rental Leander tx

    ReplyDelete
  3. Pure plant extracts that have been processed properly, on the other hand, offer amazing benefits to the human body. best alcohol hand sanitizer to buy in India

    ReplyDelete
  4. Im thankful for the article. Really thank you! Will read on...hand sanitizer singapore

    ReplyDelete

Post Bottom Ad