Wali Kota Risma Berikan Keputusan Terakhir Untuk Kapal Pesiar Viking Sun - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, March 4, 2020

Wali Kota Risma Berikan Keputusan Terakhir Untuk Kapal Pesiar Viking Sun

Wali Kota Risma Berikan Keputusan Terakhir Untuk Kapal Pesiar Viking Sun

Kabar Surabaya - Ancaman serangan Virus Corona memang telah benar-benar masuk ke Indonesia. Untuk mengantisipasi situasi agar tidak menjadi semakin memburuk, maka pemerintah mulai melakukan langkah-langkah antisipatif untuk mencehag penyebarannya lebih jauh lagi. 


Kota Surabaya sendiri terbilang sangat siap untuk mengantisipasi datangnya Virus Corona. Wali Kota Risma sendiri telah mengaku menyiapkan masker secara besar-besaran bagi warga Kota Surabaya yang membutuhkan. 

Satgas kesehatan dan fasilitas perawatan bagi penderita Virus Corona juga telah disiapkan dengan baik diberbagai Rumah Sakit. Baik itu Rumah Sakit Swasta maupun Rumah Sakit milik Pemerintah Kota Surabaya.

Koordinasi dengan berbagai pihak juga telah dilakukan oleh Wali Kota Risma. Termasuk dengan Universitas Airlangga yang selalu diminta masukan-masukannya terhadap antisipasi Virus Corona ini.


Pada tanggal 6 Maret 2020 nanti, Kota Surabaya akan kedatangan Kapal Pesiar Viking Sun yang mengangkut kurang lebih 1300 penumpang dari luar negeri. Para penumpang ini sebagian besar berasal dari Belanda dan London. Kapal berbendera Norwegia ini nantinya akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak Kota Surabaya.

Pada awalnya Wali Kota Risma menyambut dengan tangan terbuka kedatangan kapal pesiar raksasa ini. Meskipun masih didera rasa kekhawatiran akan penyebaran Virus Corona, Pemerintah Kota Surabaya tetap yakin bisa mengendalikannya. Karena semua penumpang akan di observasi dengan detail sebelum turun dari kapal pesiar tersebut.



Namun penyambutan kapal pesiar tersebut akhirnya dibatalkan oleh Wali Kota Risma setelah beliau mendapatkan kabar terakhir tentang kondisi penumpang yang ada di dalamnya. Dari laporan yang diterimanya, ternyata saat ini tengah ada dua penumpang dari Kapal Pesiar Viking Sun ini yang telah dinyatakan suspect Virus Corona.

Laporan tentang adanya penumpang yang diduga menderita Virus Corona ini diperoleh Wali Kota Risma saat melakukan kunjungan ke Kota Solo. Setelah mendapatkan masukan dari pihak Universitas Airlangga, akhirnya dengan yakin Wali Kota Risma menyatakan kalau Kapal Pesiar Viking Sun tersebut ditolak bersandar di Kota Surabaya.


Koordinasi terpadu juga dilakukan Wali Kota Risma dengan pihak Kedubes, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Provinsi Jatim dan berbagai pihak lainnya. Surat penolakan kedatangan Kapal Pesiar Viking Sun ini juga di tandatangai oleh Wali Kota Risma lewat I-Pad yang dibawanya. 

"Hari ini saya langsung kirim suratnya agar nanti para penumpang kapal pesiar itu tidak boleh turun," Terang Risma.  "Awalnya, karena tidak ada kasus yang tidak apa-apa, tetapi sekarang kan sudah ada suspect, jadi jelas aku tolak, eman-eman wargaku kan...,". (Yanuar Yudha)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad