Virus Corona Di Surabaya : Suspect Di Pesawat Cathay Pasific Diamankan dan 6 Pasien Positif Corona - Kabar Surabaya

Breaking

Wednesday, March 18, 2020

Virus Corona Di Surabaya : Suspect Di Pesawat Cathay Pasific Diamankan dan 6 Pasien Positif Corona

Virus Corona Di Surabaya : Suspect Di Pesawat Cathay Pasific Diamankan dan 6 Pasien Positif Corona

Kabar Surabaya -  Eksistensi serangan Virus Corona di Indonesia terlihat semakin perkasa. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya jumlah pasien yang dinyatakan sebagai positif Corona. Update terbaru dari pemerintah, saat ini jumlah pasien Corona yang telah dinyatakan positif telah berjumlah 172 orang. Hal ini berarti, dalam satu hari jumlah pasien yang dinyatakan positif telah bertambah sejumlah 38 kasus. Mengingat pada hari Senin lalu jumlahnya masih 134 orang.



Enam Orang Dirawat di Rumah Sakit Surabaya Positif Corona. Lonjakan jumlah pasien ini menjadi yang terbesar bila dibandingkan dengan data-data awal. Bahkan, yang lebih mengejutkan lagi, terdapat 6 orang pasien dari 38 pasien tersebut yang berasal dari Rumah Sakit di Kota Surabaya. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Institut e of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga Surabaya., Prof. Maria Lucia IngeLusida.

Enam orang yang dinyatakan positif Corona ini ditemukan berdasarkan spesimen yang diteliti oleh ITD Unair. Spesimen ini berasal dari pasien yang dirawat di beberapa rumah sakit yang ada di Kota Surabaya. Spesimen ini mulai masuk ke ITD Unair sejak hari Jum'at hingga pada hari Senin, Dan akhirnya hasilnya diungkapkan ke publik.



Namun Inge menegaskan bahwa beliau tidak memiliki kewenangan untuk menjelaskan lebih jauh mengenai identitas maupun dimana asal rumah sakit mereka yang sudah positif menderita Corona.

Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa juga senada dengan Inge, bahwa beliau tidak akan menjelskan mengenai identitas dari pasien yang telah dinyatakan positif mengidap Corona tersebut. Hanya saja orang nomor satu se-Jawa Timur ini memaparkan bahwasannya di Jawa Timur terdapat 16 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 25 Orang Dalam Pemantauan (ODP). Enam orang yang telah dinyatakan positif ini termasuk di dalam 16 PDP tersebut.



Satu Penumpng Pesawat Di Bandara Juanda Suspect Corona. Pada selasa (17/03/2020) sore, tepatnya pada pukul 17.46 wib, Bandara Internasional Juanda - Sidoarjo di kejutkan oleh kedatangan pesawat Cathay pasific dengan nomor penerbangan CX 779 dengan rute Hongkong - Surabaya.

Pesawat yang seharusnya masuk ke area garbarata terminal kedatangan, tiba-tiba mengarah menjauh dari terminal dan berhenti tepat di ujung landasan. Setelah pesawat berpenumpang 70 orang tersebut berhenti, beberapa petugas langsung mendatanginya. 



Ternyata, salah satu dari 70 penumpang tersebut dalam keadaan sakit. Gejala yang dialami mirip dengan serangan Virus Corona. Hal ini seperti yang dujelaskan oleh Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelasi I Surabaya, Muhammad Budi Hidayat.

"Pesawat Cathay Pasific tersebut memang sengaja kita jauhkan dari terminal karena ada informasi kalau salah satu penumpang didalamnya ada yang sakit, dan memiliki gejala seperti terserang Virus Corona," papar Budi.



Karena ada kejadian tersebut, protokol keamanan dan kesehatan langsung diterapkan. Pasien yang diduga terserang oleh Virus Corona atau Covid 19 ini langsung di evakuasi ke Rumah Sakit Dr.Soetomo Kota Surabaya. Lalu semua badan pesawat disemprot oleh cairan disinfektan, baik di luar maupun di dalam kabin.

Saat ini pasien yang berusia 30 tahun ini, sudah dalam pengawasan Rumah Sakit Dr.Soetomo Kota Surabaya guna pemantauan secara serius. Sedangkan 19 orang penumpang yang memiliki kontak erat dengan suspect akan dikarantina terlebih dahulu selama 14 hari. Ke-19 orang ini sudah termasuk, yang posisi duduknya bersebelahan dengan suspect. Namun kondisi 19 orang yang dikarantina ini masih sehat dan tidak terdapat gejala terserang oleh Virus Corona.



Sedangkan penumpang lainnya diperbolehkan pulang, namun masih terus dipantau dari rumah masing-masing. Semua penumpang tersebut telah menjalani pemeriksaan thermal scanner untuk pemeriksaan suhu tubuhnya. Semua penumpang yang ada dalam pesawat ini adalah keseluruhan adalah WNI. (Yanuar Yudha)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad