Jadwal Mundur Parade Budaya dan Bunga Surabaya Vaganza 2020 - Kabar Surabaya

Breaking

Tuesday, March 17, 2020

Jadwal Mundur Parade Budaya dan Bunga Surabaya Vaganza 2020

Jadwal Mundur Parade Budaya dan Bunga Surabaya Vaganza 2020

Kabar Surabaya - Serangan dari  Virus Corona yang terjadi di Kota Surabaya ini sudah dalam taraf yang meresahkan. Selain menghantam sisi kesehatan, virus yang disebut juga sebagai Covid-19 ini juga mulai mengusik berbagai sendi kehidupan masyarakat. Seperti halnya sekolah yang terpaksa libur. Tempat wisata yang terpaksa tutup, maupun agenda-agenda Perayaan Ulang Tahun Kota Surabaya yang ke 727 terpaksa harus dimundurkan jadwalnya.



Sebagaimana diketahui, bahwasanya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah memperpanjang status darurat Corona hingga 29 Mei 2020. Hal ini ditengarai karena semakin meningkatnya pasien yang dinyatakan positif terjangkit oleh Virus Corona. Hngga saat sudah ada 172 orang yang dinyatakan positif dan menjalani karantina secara penuh.


Dalam menanggulangi penyebaran dari Virus Corona ini, Pemkot Surabaya juga telah melakukan langkah-langkah taktis. Seperti meliburkan sekolah, menutup tempat-tempat wisata, mendisinfektan semua fasilitas umum hingga memasang cairan handsanitizer ke semua fasilitas umum

Saat ini Pemkot Surabaya juga telah menerapkan dengan apa yang disebut sebagai Sosial Distancing. Sosial Distancing ini adalah suatu cara yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk menjaga jarak aman dengan orang lain, minimal sejauh satu meter. Cara ini juga dianggap ampuh untuk menghambat penyebaran dari Virus Corona.


Karena cara inilah, maka Pemerintah Kota Surabaya berusaha untuk menghindari adanya kerumunan massa dengan jumlah banyak. Bahkan pertemuan/rapat antar instansi juga dibatasi dengan sangat ketat.

Selain rapat, Pemkot Surabaya juga akan memundurkan jadwal perayaan Hari Jadi Kota Surabaya yang ke 727. Saat ini sudah ada tiga jadwal kegiatan yang dipastikan akan dimundurkan pelaksanaannya, yaitu Festival Rujak Uleg, Pemilihan Cak dan Ning Surabaya serta acara akbar Pawai Budaya dan Bunga Surabaya Vaganza 2020.


Berita tentang pengunduran jadwal event Surabaya Vaganza 2020 ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, Antiek Sugiharti. Tiga acara yang dimundurkan adalah Festival Rujak Uleg (05/04/2020), Grand Final Cak dan Ning Surabaya (09/04/2020) dan Surabaya Vaganza (12/04/2020).

Kemunduran jadwal event Hari Ulang Tahun Kota Surabaya 2020 ini dikarenakan Pemkot Surabaya tidak ingin menciptakan kerumunan massa sebagaimana acara pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kontak atau hubungan langsung. Karena acara di hari ulang tahun Kota Surabaya ini memang menjadi event favorit bagi warga Kota Surabaya. Setidaknya akan ada ribuan orang yang berkumpul saat acara tersebut digelar.

Lebih lanjut Antiek, menjelaskan kemunduran jadwal ini akan dilakukan sampai situasi dan kondisinya memungkinkan. Untuk tanggal pastinya masih belum bisa di tentukan. (Yanuar Yudha) 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad