Inilah Spesifikasi Dan Fasilitas Istimewa Dari Jembatan Sawunggaling Ikon Baru Kota Surabaya - Kabar Surabaya

Terbaru

Saturday, May 1, 2021

Inilah Spesifikasi Dan Fasilitas Istimewa Dari Jembatan Sawunggaling Ikon Baru Kota Surabaya


Inilah Spesifikasi Dan Fasilitas Istimewa Dari Jembatan Sawunggaling Ikon Baru Kota Surabaya


Kabar Surabaya - Pada hari Sabtu (01/04/2021) kemarin, Kota Surabaya secara resmi kembali memiliki satu icon terbaru yang bisa dibilang cukup cantik dan eye catching banget. Ikon baru ini berupa Jembatan yang berada dikawasan Wonokromo. Jembatan ini menghubungkan Frontage Road sisi barat Raya Wonokromo dengan jalan Gunungsari Kota Surabaya. 

 

Jembatan yang berada diatas Sungai Rolak ini juga merupakan jalan masuk untuk menuju ke Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ). Jembatan yang sudah lama dinantikan peresmiannya ini diberikan nama yang cukup memiliki kedekatan sejarah dengan Kota Surabaya, yaitu Sawunggaling. Jembatan Sawunggaling ini diresmikan langsung oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi dan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini.

 

Kehadiran Mensos Risma dalam peresmian Jembatan Sawunggaling ini merupakan undangan khusus sekaligus sebagai bentuk penghargaan. Hal ini mengingat bahwa berdirinya Jembatan Sawunggaling ini merupakan gagasan dari Mensos Risma pada waktu dirinya masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. 

 

Jembatan Sawunggaling ini merupakan infrastruktur yang berfungsi sebagai penunjang perkembangan transportasi di Kota Surabaya. harapannya, jembatan ini nantinya bisa mengurangai titik kemacetan yang ada dikawasan Joyoboyo. Selain itu dengan adanya Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), maka masyarakat bisa mendapatkan pelayanan angkutan umum yang mudah, murah dan aman. Hal ini dikarenakan di TIJ terdapat beragam moda transportasi seperti Bus Suroboyo, Bus Kota maupun Angkot.

 

Selain sebagai sarana penunjang transportasi, Jembatan Sawunggaling ini juga berpotensi menjadi lokasi wisata bagi warga Kota Surabaya. Hal ini dikarenakan banyaknya fasilitas penunjang yang sangat cantik dan pastinya Instragramable banget. Harapannya jembatan yang cantik ini bisa juga menungkatkan perekonomin masyarakat di sekitarnya

 

Beberapa fasilitas penunjang dari Jembatan Sawunggaling tersebut adalah :

1. Big Tree Lamp 

Fasilitas ini berupa Tiang lampu besar setinggi 6 meter yang berbentuk seperti jamur. Selain bisa menyala warna-warni, tiang lampu ini juga bisa menampilkan running tekx dengan tulisan Surabaya.

2. Mezzanine

Jembatan Sawunggaling ini juga dilengkap dengan Mezzanine seperti yang ada di Jembatan Suroboyo. Tinggi dari Mezzanine ini adalah 20 meter yang dilengkapi dengan tangga untuk bisa naik ke atasnya.

3. Air Mancur Menari

Fasilitas Air mancur menari ini memang tidak sebesar di Jembatan Suroboyo, namun gerakan dan pancaran sinar lampu warna warninya cukup menarik untuk dinikmati.

 

Sedangkan spesifikasi infrastruktur dari Jembatan Sawunggaling ini adalah :

1. Panjang jembatan adalah 136 meter dan lebar 17 meter, sedangkan Lebar Badan Jalan mencapai 7 meter.

2. Untuk struktur utama bentang di atas sungainya Jembatan Sawunggaling menggunakan beton precast berupa voided slab yang terdiri dari 3 bentang, yaitu 24 meter, 18 meter dan 16 meter. Sedangkan untuk bentang di atas tanah, menggunakan full slab. (yyan)



No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad