Beberapa Negara Ini Mulai Anjurkan Warganya Untuk Melepaskan Masker, Bagaimana Indonesia...? - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, May 31, 2021

Beberapa Negara Ini Mulai Anjurkan Warganya Untuk Melepaskan Masker, Bagaimana Indonesia...?

Beberapa Negara Ini Mulai Anjurkan Warganya Untuk Melepaskan Masker, Bagaimana Indonesia...?


Kabar Surabaya - Sudah satu tahun lebih lamanya, seluruh dunia ini terpapar oleh Virus COVID-19. Virus yang pertama kalinya merebak di negara China ini telah mengakibatkan banyak nyawa melayang. Oleh karena itu, semua pemerintahan di semua negara mewajibkan warganya untuk mematuhi Protokol Kesehatan.


Salah satu Protokol Kesehatan yang wajib dipatuhi oleh masyarakat adalah penggunaan masker. Kewajiban penggunaan masker ini sangatlah serius, mengingat Virus COVID-19 ini bisa menular lewat droplet atau bisa melayang di udara dalam beberapa waktu. Saking wajibnya, pemerintah Indonesia bahkan memberikan sanksi uang senilau Rp150.000 bila ada warga yang kedapatan tidak mengenakan masker saat berada di tempat umum.

 

Namun, ada sejumlah negra yang rupanya telah melonggarkan aturan mengenai pemakaian masker tersebut. Mereka memperbolehkan penduduknya untuk melepaskan masker, meskipun berada di tempat umum. Kelonggaran Protokol Kesehatan ini dikarenakan negara tersebut sudah melakukan vaksinasi kepada setengah jumlah polulasi penduduknya. Selain itu, tingkat penularan Virus Corona di masyarakatnya sudah tergolong sangat rendah.

 

Beberapa negara yang tercatat memberikan kelonggaran, berupa memperbolehkan warganya untuk tidak mengenakan masker adalah negara berikut yaitu :

 

1. Australia

Perdana Menteri Scott Morrison pada tahun 2020 lalu telah memaparkan bahwa negaranya berhasil untuk menekan laju pertumbuhan Virus COVID-19. Dengan melandainya pandemi tersebut, Australia kemudian mulai melonggarkan aturan mengenai Protokol Kesehatan yang selama satu tahun lalu telah diterapkan. Hal ini termasuk juga mengenai pemakaian masker yang sudah boleh untuk ditanggalkan.

 

2. Korea Selatan

Negara pencipta Drama terbaik ini akan memperbolehkan warganya untuk tidak lagi mengenakan masker dan boleh berkumpul dalam jumlah besar pada Bulan Juli mendatang. Hal ini dengan catatan warga sudah mendapatkan suntikan vaksin neskipun baru satu kali saja, Namun Korea Selatan optimis bisa melakukan penyuntikan hingga ke 70% warganya pada bulan September mendatang.

 

3. Amerika Serikat

Presiden AS, Joe Biden telah meminta warganya melepaskan masker yang dikenakan dan membagikan senyum indahnya kepada sesama. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Amerika, yaitu Centers for Disease Control (CDC). Bagi warga AS yang telah mendapatkan 2 kali suntikan vaksin boleh menanggalkan Masker yang mereka kenakan. Namun masker tetap dipakai saat mereka bepergian dengan kendaran umum dan pergi keluar negeri.

 

Saat ini sudah 60% lebih warga AS yang telah mendapatkn suntikan vaksinm baik yang pertama mupun kedua. Selain itu penularan kasus COVID-19 baru di kawasan AS sudah sangat kecil. Setiap 100 orang penduduk hanya ditemukan kurang dari 11 kasus dengan gejala sangat ringan.

 

4. China

China, terutama Kota Wuhan adalah kota pertama yang mengumumkan adanya Virus Corona yang terjadi dinegaranya. Namun berkat pengendalian yang ketat, pelacakan kontak erat yang cepat dan penyuntikan vaksin yang diperbanyak, maka Chima berhasil meredam penulran Virus COVID-19 dengan cepat.


Bahkan saat ini, pemerintah China sudah memperbolehkan penyelenggaraan konser musik yang dihadiri oleh ribuan orang. Pemerintah juga telah mengumumkan kepada warganya bahwa saat ini masker diperbolehkan untuk tidak dikenakan.

 


5 Hungaria

Viktor Orban, selaku Perdana Menteri Hungaria,, telah mengklaim bahwa negaranya telah berhasil mengendalikan pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan negara terebut telah melakukan penyuntikan vaksin kepda 5 juta penduduknya. Bahkan pemimpin sayap kanan ini berencana mencabut semua pembatasan yang ada dan mempersilahkan warga untuk menggelar acara yang dihadiri oleg 500 orang, bila dilaksanakan ditempat terbuka. 


Dengan yakin beliau mengucapkan perpisahan dengan masker dan menyatakan negaranya berhasil menglahkan pandemi COVOD-19. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad