Siap-Siap, Pemkot Surabaya Akan Rekrut 1500 Pegawai Khusus Ber-KTP Surabaya - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, May 25, 2021

Siap-Siap, Pemkot Surabaya Akan Rekrut 1500 Pegawai Khusus Ber-KTP Surabaya

Siap-Siap, Pemkot Surabaya Akan Rekrut 1500 Pegawai Khusus Ber-KTP Surabaya

Kabar Surabaya -  Meskipun saat ini Kota Surabaya saat ini masih berkutat dengan penyeleaian Pandemi COVID-19, namun kegiatan pemerintahan tetap harus berjalan dengan baik. Seperti halnya yang ada di Pemkot Surabaya sendiri, pada tahun ini akan ada banyak pegawainya yang sudah harus memasuki masa pensiun. Oleh karena itu, pihak Pemkot Sirabaya harus bersiap-siap untuk mencari penggantinya.

 

Pada tahun 2021 ini, khusus Pemerintah Kota Surabaya membutuhkan ribuan pegawai baru untuk mengisi lowongan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hal ini seperti yang diungkapkan Mia Shanti Dewi, selaku  Kepala Dinas Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya. Bahwa Pemkot Surabaya segera merilis tahapan-tahapan dari penerimaan pegawai ini.

 

Menurut Mia, kebutuhan total dari pegawai di Pemkot Surabaya pada tahun 2021 ini adalah 1.580 pegawai. Nantinya, dari keseluruhan jumlah tersebut akan dibagi menjadi dua formasi besar, yaitu 68 pegawai untuk foemasi CPNS dan 1.492 untuk formasi PPPK. Untuk formasi PNS tersebut akan disalurkan untuk tenaga kesehatan sejumlah 51 orang dan tenaga teknis 17 orang.

 

Sedangkan untuk formasi PPPK sejumlah 1.492 orang ini akan dibagi menjadi 87 tenaga kesehatan dan 1.406 tenaga pendidikan. penetapan semua Formasi Calon Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Surabaya pada Tahun Anggaran 2021 ini, berdasarkan Keputusan dari Menteri Pendayagunaan dn Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 820 Tahun 2021 mengenai Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kota Surabaya Tahun Anggaran 2021.   

 

Seperti halnya semua penerimaan pegawai (CPNS) ini juga akan menggunakan seleksi administrasi dan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan terakhir Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Semua proses seleksi ini tentunya akan menggunakan metode computer assisted test (CAT) yang akan difasilitasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

 

Kondisi yang sama juga akan digunakan untuk proses seleksi CPPPK guru, nantinya juga akan ada seleksi administrasi serta seleksi kompetensi CPPPK khusus  guru yang menggunakan metode Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK). Ujian ini nantinya akan diselenggrakan oleh Kemendikbud Ristek. 

 

Nantinya, semua tahapan dan proses seleksi ini, baik CPNS dan CPPPK Pemkot Surabaya pada tahun 2021 ini akan dilaksanakan secara terbuka, transparan dan tidak akan memungut biaya apapun. Oleh karena itu, bila ada pihak atau oknum tertentu yang bisa menjanjikan untuk dapat diterima sebagai CPNS dan CPPPK dengan membayar imbalan tertentu, maka tindakan tersebut adalah penipuan.

 

Untuk semua pengumuman mengenai formasi seleksi CPNS-CPPPK 2021 ini akan dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2021 hingga 13 Juni 2021. Sedangkan untuk pendaftaran seleksi akan dilakukan pada tabggal 31 Mei 2021 hingga 21 Juni 2021. Kenudian untuk seleksi administrasi dan pengumuman hasilnya akan dishare pada tanggal 1 Juni 2021 dam 30 Juni 2021. Pemkot juga menyediakan masa sanggah pada tanggal 1  dan 11 Juli 2021.



Sedangkan untuk pelaksanaan SKD CPNS (CAT BKN) akan diselenggarakan pada bulan Juli sampai dengan bulan September 2021. Untuk seleksi Kompetensi PPPK non guru (CAT BKN) akan dilaksanakan pada bulan Juli hingga bulan September 2021, tepatnya setelah pelaksanaan SKD CPNS selesai di masing-masing lokasi.



Sementara untuk pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK guru (UNBK Kemendikbud Ristek) akan dilakukan pada bulan Agustus 2021 sampai Desember 2021. Kemudian untuk pelaksanaan SKB CPNS, akan diselenggarakan pada bulan September sampai dengan Oktober 2021. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad