Tidak Menunggu Malam Takbiran, Masjid Al-Muslimun Langsung Sebarkan Zakat Ke Masyarakat - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, May 12, 2021

Tidak Menunggu Malam Takbiran, Masjid Al-Muslimun Langsung Sebarkan Zakat Ke Masyarakat

Tidak Menunggu Malam Takbiran, Masjid Al-Muslimun Langsung Sebarkan Zakat Ke Masyarakat


Kabar Surabaya - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah. Saat bulan Ramadhan ini semua umat Muslim akan berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan. Selain itu, sebelum Bulan Ramadhan usai bagi umat Muslim yang mampu, mereka wajib untuk menunaikan Zakat Fitrah. Zakat Fitrah ini sudah ditentukan besarannya dan lebih baik dirupakan dalam bentuk makanan pokok, yaitu beras.

 

Biasanya pengumpulan Zakat Fitrah maupun Zakat Mall ini dilakukan pada 10 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri. Setelah terkumpul, kedua jenis Zakat ini nantinya akan segera dibagikan. Biasanya pembagian Zakat ini akan dilakukan pada Malam Takbiran, maksimal sebelum Sholat Idul Fitri ini dilakukan.

 

Namun pada tahun 2021 ini, Kementrian Agama meminta penyaluran Zakat ini dulakukan dengan sangat hati-hati. Dan yang terpenting adalah sesuai dengan pelaksanaan Protokol Kesehatan. Hal ini dikarenakan masih adanya ancaman dari paparan Virus COVID-19. Sehingga jangan sampai pembagian Zakat ini malah menimbulkan kerumunan masyarakat.

 

Hal ini jugalah yang kemudian dilakukan oleh Takmir Masjid Al-Muslimun Kota Surabaya. Masjid yang berada di Perumahan Rungkut Barata Kelurahan Rungkut Menanggal ini ternyata telah mulai membagikan Zakat Fitrah pada hari Sabtu (15/05/2021) malam setelah Sholat Terawih dilakukan. 

 

Hal tersebut sebetulnya diluar kebiasaan dari Masjid Al-Muslimun yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Namun para Takmir sepenuhnya menyadari bahwa percepatan pembagian Zakat Fitrah ini dikarenakan semata-mata untuk menghindari penularan Virus COVID-19. 

 

Sasaran dari pembagian Zakat Fitrah yang dihinpun oleh Masjid Al-Muslimun ini adalah warga di sekitar Perumahan Rungkut Barata sendiri dan warga diluar perumahan tersebut, seperti warga yang ada di perkampungan Rungkut Menanggal (RW1 dan RW2).

 

Hal ini seperti yang disaksikan oleh admin Kabar Surabaya yang ikut mengawal pembagian Zakat Fitrah berupa beras ke Masjid Darul Fallah dan Musholla At Taufiq. Sebanyak ratusan kilogram besar tersebut dibawa dengan menggunakan pick-up dan diserahkan kepada perwakilan penerima.

 

Tjatur, selaku Ketua Takmir Masjid Al-Muslimun, mengungkapkan bahwa pada tahun ini penerimaan Zakat Fitrah tercatat menurun. Kalau pada tahun-tahun sebelumua pihaknya bisa menghimpun sekitar 3.5 Ton beras, namun pda tahun ini menurun hnya 2 ton saja. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan masih adanya pandemi COVID-19 yangh melanda, sehingga masih banyak masyarakat yang mengalami kesulitan dibidang ekonomi. (yyan)          


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad