Tidak Lagi Di Balai Kota, Walikota Eri Cahyadi Akan Berkantor Di Kelurahan - Kabar Surabaya

Terbaru

Saturday, May 15, 2021

Tidak Lagi Di Balai Kota, Walikota Eri Cahyadi Akan Berkantor Di Kelurahan

Tidak Lagi Di Balai Kota, Walikota Eri Cahyadi Akan Berkantor Di Kelurahan


Kabar Surabaya - Kecamatan dan Kelurahan adalah perwakilan dari pemerintah Kabupaten/Kota yang terdepan untuk melayani semua kebutuhan masyarakat. Biasanya dalam mengurus surat-menyurat atau keperluan dokumen lainnya, Kantor Kelurahan adalah tempat yang paling banyaik dituju oleh masyarakat. Sehingga pelayanan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kantor tersebut haruslah semaksimal mungkin,

 

Dengan demikian Kecamatan dan Kelurahan adalah representtif dari pelayanan Pemerintah Kabupten/Kota dalam melayani masyarakat. Dalam artian, Kelurahan akan mencerminkan kualitas dari pelayanan publik yang ada di Kabupaten/Kota setempat. Oleh karena itu baik-nuruknya pelayanan publik pemerintah setempat akan bisa dilihat dari kualitas pelayanan Kecamatan/Kelurahan setempat   


Di Kota Surabaya sendiri saat ini memiliki 153 Kantor Kelurahan yang tersebar di seluruh pelosok kota. Meskipun pegawainya sngat terbatas, namun semua pegawai Kelurahan diwajibkan untuk bisa selalu melayani masyarakat sebaik mungkin. Mereka tidak bisa main-main, sebab sekarang sudah ada aplikasi Wargaku yang bisa digunakan oleh masyarakat.


Dengan aplikasi Wargaku ini, jika ada pelayanan Kelurahan terhadap warganya yang kurang baik, warga bisa melaporkannya melalui aplikasi tersebut. Laporan warga ini harus ditanggapi oleh dinas terkait, sebab jika tidak, maka laporan ini akan langsung masuk ke Wali Kota Surabaya.

 

Meskipun sudah memiliki aplikasi yang mumpuni, sepertinya Walikota Eri belum merasa puas, Hal ini tampak dari keterangannya, bahwa setelah lebaran nanti dirinya akan mulai berkantor di Kelurahan. Dengan turun sendiri ke Kelurahan dirinya akan bisa memantau kinerja dari bawahannya secara langsung. Dalam prakteknya Walikota Eri akan secara bergilir berpindah dari satu Kelurahan ke kelurahan lainnya. 

 

Sebenarnya pada awal menjabat lalu. Walikota Eri sudah mewanti-wanti agar semua Kelurahan bisa memberikan pelayanan yang baik kepada warga. Hal ini dikarenam Kelurahan adalah garda terdepan dari pelayanan publik ini. 

 

"Dulu saya sudah memberi beberapa arahan kepada kecamatan dan kelurahan karena merekalah garda terdepan pelayanan publik di kota ini. Saya sudah memberi waktu. Kini saatnya saya cek langsung progresnya seperti apa. Khususnya soal pendataan • masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Nanti akan bergantian setiap hari di kantor kelurahan yang berbeda-beda" tutur Walikota Eri Cahyad. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad