Tim Takmir Al-Muslimun Tiba Tepat Saat Kebutuhan Logistik Pengungsi Hampir Habis, Ini Kronologisnya - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, December 21, 2021

Tim Takmir Al-Muslimun Tiba Tepat Saat Kebutuhan Logistik Pengungsi Hampir Habis, Ini Kronologisnya

Tim Takmir Al-Muslimun Tiba Tepat Saat Kebutuhan Logistik Pengungsi Hampir Habis, Ini Kronologisnya


Kabar Surabaya - Bencana Alam Awan panas Guguran (APG) yang terjadi di Gunung Semeru benar-benar membuat semua pihak merasa terpanggil. Hal ini dikarenakan bencana tersebut terjadi secara mendadak dan tidak ada peringatan sebelumnya dari pihak terkait. Akibatnya bisa ditebak, puluhan korban ditemukan dalam keadaan tewas terjebak oleh awan panas dan beberapa lainnya masih dinyatakan hilang.



Para penduduk yang selamat saat ini masih tinggal di pengungsian yang telah disediakan oleh pemerintah setempat. mereka belum bisa kembali ke rumah masing-masing karena semuanya dalam kondisi rusak dan tidak aman untuk dihuni. Selama tinggal dipengungsian, warga yang terdampak ini terpaksa makan dan istirahat dengan kondisi yang sangat terbatas.


Untuk meringankan beban bagi para korban terdampak bencana Gunung Semeru ini, banyak pihak yang kemudian mengulurkan bantuan. Hal ini seperti yang dilakukan oleh para Jama'ah dari Masjid Al-Muslimun Rungkut Barata Kota Surabaya. Dengan koordinasi yang apik dari Ibu Surya Sidik, selaku Biro Sosial, akhirnya bisa mengumpulkan sumbangan dari para Jama'ah Al Muslimun berupa uang dengan total Rp 25.400.000. Selain uang juga ada yang berupa barang seperti pakaian bekas layak pakai, Mukena, Sarung, Sajadah, Selimut, sepatu, Masker anak dan masker dewasa.

 

Sebagian dana yang diperoleh dari jama'ah tersebut kemudian juga dibelikan beberapa barang. Hal ini dengan pertimbangan jika dilokasi bencana akan sulit untuk membeli barang yang diperlukan oleh korban Semeru. Barang yang dibeli dari dana jama'ah tersebut adalah : beras sebesar 1 ton, minyak goreng 10 karton dan 38rim kertas minyak. Sedangkan dana sebesar Rp 12.080.000 tetap disalurkan secara tunai.


Untuk menyalurkan semua bantuan dari para jama'ah ini, Takmir Masjid Al Muslimun sengaja untuk menyerahkannya secara langsung ke lokasi bencana. Menurut Tjatur, selaku Ketua Takmir Masjid Al-Muslimun Rungkut Barata, memaparkan bahwa penyerahan langsung ke lokasi bencana ini dikarenakan ingin menyaksikan dan terjun langsung ke lokasi bencana.

 

"Kebetulan, lokasi bencana saat ini masih bisa dijangkau, sehingga kami sepakat untuk melihat sendiri bagaimana situasi dan kondisi yang sesungguhnya disana, " jelas Tjatur.

 


Pada hari Rabu (15/12/2021) pagi, tepat pukul 07.00wib, 10 personel Takmir  langsung bertolak dari halaman Masjid Al Muslimun untuk berangkat ke Lumajang. Setelah menempuh perjalanan sekitar 4 jam, rombongan takmir tiba di salah satu titik pengungsian yang berada di Desa Sumber Mujur, Candipuro - Lumajang. Lokasi ini merupakan lokasi terakhir yang bisa dijangkau, karena setelahnya jalanan sudah diblokir.

 


Sesampainya dilokasi, Takmir Masjid Al Muslimun ini cukup terkejut dan prihatin. Karena, kebutuhan logistik bagi para pengungsi sudah menipis. Para Takmir melihat sendiri, pada saat itu yang dimasak hanyalah nasi putih, ikan asin, tempe goreng dan sambal. Bantuan yang dibawa oleh para takmir ini kemudian diterima oleh perwakilan pengungsi yang nantinya akan segera dibagikan. (yyan)      


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad