Loh, Dokter Ini Mengatakan Bahwa Varian Omicron Sudah Masuk Di Indonesia Dan Menyebar Di Kawasan.... - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, December 9, 2021

Loh, Dokter Ini Mengatakan Bahwa Varian Omicron Sudah Masuk Di Indonesia Dan Menyebar Di Kawasan....

Loh, Dokter Ini Mengatakan Bahwa Varian Omicron Sudah Masuk Di Indonesia Dan Menyebar Di Kawasan....


Kabar Surabaya - Saat ini seluruh dunia sedang mewaspadai adanya varian baru dari Virus Covid-19. Varian baru ini bernama Omicron yang memiliki kode B 11529. Mutasi terbaru ini diketemukan di kawasan Afrika pada 24 November 2021 silam. Hingga saat ini sudah ada 23 negara yang melaporkan warganya yang terkena virus jenis ini. Oleh karena itu, WHO memasukkan varian Omicron ini dalam status Varian Of Concern atau varian yang perlu diwaspadai.



Saat ini Indonesia sangat super siaga untuk menangkal masuknya Varian Omicron ini. Karena infonya dua negera tetangga seperti Singapura dan Malaysia juga sudah melaporkan adanya varian ini di wilayahnya. Sampai saat ini Indonesia masih belum ada laporan mengenai masuknya varian Omicron ini. Meski demikian Pemerintah tidak mau lengah dan terus waspada, terutama menjaga pintu-pintu masuk dari luar negara.

 

Meskipun pemerintah menyatakan bahwa Varian Omicron belum terdeteksi di Indonesia, namun dr Tonang Dwi Ardyanto., selaku Wakil Direktur Pendidikan dan Penelitian sekaligus Jubir Satgas Covid-19 RS UNS Solo, mengungkapkan hal yang berbeda di laman Facebooknya. Secara pribadi, dr.Tonang menyatakan bahwa sejak awal Varian Omicron ini sudah lama menyebar di Indonesia. Bahkan penyebarannya sudah meluas. Hanya saja karena gejalanya yang ringan, sehingga belum terdeteksi sampai saat ini.


Menurut dr.Tonang jumlah tes untuk mendeteksi Varian Omicron ini masih kurang, sehingga mereka yang telah terpapar tidak terdeteksi. Apalagi mereka yang berstatus tanpa gejala. Menurutnya setelah melewati Bulan Juli kemarin, antibodi masyarakat sudah cukup tinggi. Vaksinasi yang dimulai pada bulan Juni kemerin sangat efektif untuk menangkal Varian Omicron ini. Karena berdasarkan data yang ada, gejala yang ditimbulkan cukup ringan, sehingga malah bisa memunculkan antibodi alami dalam tubuh.


Memang, dari kasus Omicron yang telah terdeteksi, gejala yang ditimbulkan cukup ringan dan sedikit berbeda dengan Varian yang sebelumnya. Gejala tersebut adalah :

1. Sseperti gejala flu (flu like syndrome)
2. Batuk kering
3. Demam
4. Berkeringat di malam hari
5, Nyeri pada banyak bagian tubuh
6. Kelelahan
7. Tenggorokan gatal
8. Tidak batuk
9. Tidak kehilangan indra perasa dan penciuman (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad