Surabaya Siap Berikan Vaksin Untuk Anak Usia 6 Tahun Keatas, Berikut jadwal Dan Lokasinya - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, December 15, 2021

Surabaya Siap Berikan Vaksin Untuk Anak Usia 6 Tahun Keatas, Berikut jadwal Dan Lokasinya

Surabaya Siap Berikan Vaksin Untuk Anak Usia 6 Tahun Keatas, Berikut jadwal Dan Lokasinya

 

Kabar Surabaya - Sampai saat ini penanganan Pandemi Covid-19 masih terus berlanjut. Meskipun kondisinya sekarang ini sudah bisa dibilang melandai, namun Pemerintah Kota Surabaya tetap serius untuk melakukan langkah-langkah taktis guna melindungi warganya dari ancaman Virus Corona. Salah satu langkahnya adalah dengan terus memberikan vaksinasi kepada masyarakat.



Hingga saat ini, pencapaian Vaksinasi di Kota Surabaya termasuk cukup tinggi. Mulai dari Kelompok lansia hingga masyarakat umum sampai anak-anak diatas 12 tahun sudah hampir seluruhnya mendapatkan dosis satu dan dua. Saat ini Kota Surabaya akan menruskan kembali program vaksinasi yang ditijukan untuk kelompok masyarakat yang baru. Kelompok ini adalah anak-anak dengan usia 6 tahun sampai usia 11 tahun.

 

Target dari kelompok usia sangat dini ini sebanyak 227.000 anak di seluruh Kota Surabaya. target ini berasal dari 126 Sekolah Dasar yang ada di Kota Pahlawan ini. Karena yang menjadi sasaran adalah anak usia dini, maka Pemkot Surabaya juga sangat berhati-hati dalam melaksanakan kegiatan vaksinasi ini. Kegiatan ini akan dimulai serentak pada Hari Rabu (15 Desember 2021).

 

Tujuan utama dari Vaksinasi untuk anak usia 6 hingga 11 tahun ini adalah untuk mencegah sakit berat dan kematian pada anak yang terpapar Virus Covid-19, Mencegah penularan kepada anggota keluarga yang belum mendapatkan vaksin dan tentunya menciptakan kekebalan kelompok pada seluruh anggota keluarga. Vaksinasi ini juga untuk mendukung segera terselenggaranya pembelajaran tatap muka dan menghindari penularan di sekolah.

 

Nantimya, pelaksanaan vaksinasi ini akan dilakukan di sekolah masing-masing. Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan vaksin untuk anak ini di Puskesmas terdekat. Karena yang akan disuntik adalah anak-anak, ada beberapa hal yang perlu persiapkan oleh orang tua agar proses vaksinasi ini bisa berjalan dengan lancar.

 

1.  Pastikan waktu dan tempat pelaksanaan vaksinasi.
2.  Jelaskan manfaat vaksinasi kepada anak dengan suasana yang nyaman dan tidak menakutkan.          3.  Jelaskan daerah yang akan disuntik disertai penjelasan untuk mengurangi rasa takut.
4.  Jawab dan terangkan semua pertanyaan dari anak dengan kata-kata yang mudah dimengerti sesuai usia.
5.  Upayakan tidur malam lebih cepat dan Jangan lupa sarapan sebelum pelaksanaan vaksinasi.
6.  Perhatlkan catatan imunisasi rutin (lainnya) dan bawa ke fasilitasvaksinasi.
7.  Gunakan pakaian yang nyaman agar mudah saat dilakukan vaksinasi.
8.  Jangan lupa minum obat sebelum berangkat,bagi anak dengan komorbid yang harus minum obat secara rutin. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad