Lumpia Terlaris Di Surabaya, Gak Sampe Satu Jam Sudah Ludes - Kabar Surabaya

Terbaru

Saturday, December 4, 2021

Lumpia Terlaris Di Surabaya, Gak Sampe Satu Jam Sudah Ludes

Lumpia Terlaris Di Surabaya, Gak Sampe Satu Jam Sudah Ludes


Kabar Surabaya - Indonesia adalah negeri yang kaya akan ragam kulinernya. Salah satu kuliner yang sudah sangat dukenal oleh masyarakat adalah Lumpia. Lumpia sendiri sebenarnya merupakan jajanan yang telah berusia ratusan tahun. Peraciknya adalah pasangan suami istri yang merupakan pasangan Tiong - Hoa dan Jawa, yaitu Tjoa Thai Joe dan Wasih.



Pada awal pembuatannya, jajanan lumpia ini berisikan daging babi. Namun, karena adanya alkulturasi budaya yang telah berjalan selama ratusan tahun, akhirnya isian dari lumpia ini menjadi beraneka ragam. Salah satu isian lumpia yang dikenal original adalah rebung (bambu muda). Selain rebung, biasanya lumpia juga ada yang berisi tauge, daging ayam, jamur dan beberapa sayuran lainnya.

 

Saat ini jajanan lumpia sudah mudah ditemui dimana saja. Hampir setiap daerah memiliki jajalan lumpia dengan cita rasanya sendiri. Seperti halnya Kota Surabaya yang memiliki ragam rasa lumpia yang berbeda. Bahkan antara penjual yang satu dengan yang lain bisa memiliki isian dan rasa saos yang berbeda pula.


Salah satu pedagang lumpia yang cukup dikenal dan paling laris di Kota Surabaya ini adalah lumpia milik Agung Purnomo. Pria berperawakan kurus ini setiap harinya membuka lapaknya di gedung Go - Skate, Jalan Embong Malang Surabaya. lapaknya-pun cukup sederhana, yaitu berupa satu container plastik besar yang nerisikan ratusan lumpia dan resoles.

 

Agung tidak memiliki lokasi khusus untuk berjualan, Container plastik yang dia bawa ini hanya diletakkan di pelataran Gedung Go Skate begitu saja. Meski demikian dagangan yang dia bawa selalu laris manis diserbu oleh pelanggannya. Biasanya Agung datang sekitar pukul 17.00wib - menjelang Maghrib. Namun tidak sampai satu jam, satu box besar lumpia yang dibawanya akan langsung serbu para pelanggan yang telah menantinya. 

 

Tidak heran kalau dalam kisaran satu jam saja, lumpia dagangan Agung langsung ludes.Saking larisnya, terkadang banyak pembeli yang harus kecewa karena kehabisan lumpia. Meski demikian, entah mengapa Agung tidak pernah menambah stok lumpia yang dibawanya. Dari awal berjualan sampai sekarang hanya membawa satu box besar saja.  

 

Lumpia yang dibawa oleh Agung ini isiannya bervariasi, mulai dari ayam, daging, telur, sosoi, rebung dan jamur. Uniknya, rebung di lumpia milik agung ini merupakan isian pilihan saja. Untuk isian utamanya Agung mengginakan wortel yang diiris memanjang. 



Dalam penyajiannya, Agung memfasilitasi pelanggannya dengan kertas minyak yang telah dibentuk seperti pincuk. Lalu lumpia dan risoles akan di gunting menjadi beberapa bagian sebelum disiram dengan saos tauco yang berwarna merah muda. Sebagai kondimen terdapat daun bawang dan lombok hijau sebagai penambah cita rasa pedas.


Jadi, yang ingin merasakab nikmatnya lumpia paling laris Se-Kota Surabaya, datang saja ke Gedung Go Skate yang berada persis di sebelah Tunjungan Plaza Kota Surabaya. Jangan sampai kelewatan, karena rawan kehabisan. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad