Segera Siapkan KK dan KTP, Dana Bantuan Rp 2.55 Juta Bakalan Masuk Rekening Pada Tahun Depan - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, December 31, 2021

Segera Siapkan KK dan KTP, Dana Bantuan Rp 2.55 Juta Bakalan Masuk Rekening Pada Tahun Depan

Segera Siapkan KK dan KTP, Dana Bantuan Rp 2.55 Juta Bakalan Masuk Rekening Pada Tahun Depan


Kabar Surabaya - Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) masih akan berlangsung sampai tahun depan. Hal ini mutlak diperlukan agar kondisi perekonomian yang sempat tersendat karena pandemi Covid-19 bisa segera pulih kembali. Oleh karena itu Pemerintah akan terus melakukan intervensi berupa bantuan kepada masyarakat yang terdampak oleh Virus Corona ini.



Pada tahun 2022 mendatang Pemerintah berencana akan memberikan bantuan dalam bentuk tunai dan pelatihan. Tidak main-main, jumlah bantuan tunai yang akan diberikan kepada masyarakat ini bernilai Rp 3.55 juta per-orang. Harapannya, dengan adanya bantuan tunai ini, masyrakat yang terdampak pandemi bisa meningkatkan perekonomiannya kembali.

 

Program bantuan ini rencananya akan ditransfer ke langsung rekening masyarakat pada Bulan Februari 2022 mendatang. Untuk bisa mendapatkan bantuan ini, masyarakat bisa mendaftarkan diri pada Program Kartu Prakerja Gelombang ke-23. pembukaan kembali Program Kartu Pra-Kerja ini sejatinya sudah dinantikan oleh masyarakat sejak bulan November yang lalu, yaitu sejak selesainya Gelombang ke 22.

 

Lantas, bagaimanakan persyaratan untuk dapat mengikuti program kartu Pra Kerja gelombang ke 23 ini..?. Berikut syarat mendaftar yang dikutip dari web resmi prakerja.go.id:

1. WNI berusia 18 tahun ke atas.
2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.(seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil).
4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.
5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

 

Masyarakat yang ingin mengikuti program Kartu Pra-Kerja ini bisa langsung mendaftar melalui website prakerja.go.id. Persiapkan KTP dan KK sebagai dokumen untuk pendaftaran, karena pendaftaran online akan dibuka pada tanggal 6 Januari 2022 mendatang. 

 

Bagi mereka yang lolos dan berhasil masuk dalam prigram Kartu Pra-Kerja 2022 ini akan mendapatkan dana total sebesar 3.55 juta rupiah. Dana tersebut akan digunakan untuk membeli program pelatihan online sebesar Rp 1.000.000. Setelah dinyatakan lulus, peserta masih akan mendapatkan bantuan dana tunai sebesar Rp 2.400.000 yang akan disalurkan dalam 4 bulan (perbulan Rp 600.000). Dana tunai ini masih akan ditambah Rp 150.000 setelah peserta mengisi survey selama tiga kali.

 

Nantinya ada delapan institut pendidikan yang siap melakukan asesmen pelatihan dalam Program Kartu Prakerja, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Atma Jaya, Indonesia Mengajar. Sedangkan institusi pendidikan yang akan melakukan pemantauan pelatihan yaitu IPB, UMM, dan UNUSIA. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad