Resmi Dibuka, Begini Penampakan Asli Alun-Alun Surabaya - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, December 20, 2021

Resmi Dibuka, Begini Penampakan Asli Alun-Alun Surabaya

Resmi Dibuka, Begini Penampakan Asli Alun-Alun Surabaya


Kabar Surabaya - Kota Surabaya adalah kota metropolitan yang secara resmi sampai saat ini belum memiliki kawasan alun-alun sebagaimana Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia ini. Meskipun sebenarnya banyak kawasan taman kota di Kota Pahlawan ini yang bisa dijadikan sebagai kawasan alun-alun. Namun, sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, rupanya Kota Surabaya memiliki konsep yang berbeda mengenai Alun-Alun Kota.



Pada era kepemimpinan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Kota Surabaya sudah menemukan konsep yang unik emengenai alun-alun. Kalau biasanya alun-alun berbentuk seperti tanah lapang luas dengan khas tanaman beringin besar di dalamnya. Kota Pahlawan malah memiliki konsep alun-alun yang lebih modern dan berbeda.

 

Konsep Alun-Alun Surabaya adalah tempat berkumpulnya masyarakat untuk menikmati hiburan bersama dengan keluarga atau kerabatnya. Keunikan mendasar dari Alun Alun Surabaya ini adalah keberadaannya yang terletak di bawah tanah. Lokasi tepatnya berada di kawasan Balai Pemuda yang merupakan bangunan bersejarah di Kota Pahlawan ini.

 

Setelah sekian lama dilakukan pembangunan, pada hari Minggu (20/12/2021) kemarin, Alun-Alun Surabaya secara resmi dibuka. Mulai hari Minggu kemarin masyarakat sudah bisa memasuki Alun Alun Surabaya yang berada di Basement Balai Pemuda. Lokasi ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 22.00wib. Pengunjung tidak akan dikenakan tiket masuk, namun tetap wajib untuk scan pada barcode pedulilindungi yang ada di pintu masuknya.

 

Akses masuk dari Alun Alun Surabaya ini berada didepan komplek Balai Pemuda. Tepat di pintu masuk sebelah kanan. Untuk masuk kedalamnya, pengunjung diberikan akses berupa elevator (tangga berjalan). Meskipun berada di basement (bawah tanah), jangan khawatir gerah atau panas, karena Alun Alun Surabaya telah dilengkapi pendingin ruangan yang cukup adem bangeeettt. Jadi bisa terasa sejuk didalamnya.


Ruangan dalam Alun Alun Surabaya ini terbagi dalam 2 bagian utama. Untuk bagian yang berpendingin udara adalah tempat untuk pameran dan ada lokasi plaza untuk pengunjung bisa menonton live musik atau kegiatan lainnya. Lokasi ini dibangun dengan pencahayaan yang apik dan interior yang cukup mewah

 

Sedangkan bagian yang tidak berpendingin adalah wahana untuk bermain skate park dan sepatu roda. Lokasi ini diterangi langsung oleh sinar matahari yang masuk dari atap kaca. Beberapa fasilitas penunjang juga telah dipasang dengan lengkap. jadi, tunggu apalagi, ayo dolan nang Alun Alun Suroboyo Rek...(yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad