GRATIS Naik "Teman Bus" Tanpa Tukar Botol Plastik, 100 Lebih Unit Bus Baru Siap Layani 6 Rute Ini - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, December 30, 2021

GRATIS Naik "Teman Bus" Tanpa Tukar Botol Plastik, 100 Lebih Unit Bus Baru Siap Layani 6 Rute Ini

GRATIS Naik "Teman Bus" Tanpa Tukar Botol Plastik, 100 Lebih Unit Bus Baru Siap Layani 6 Rute Ini


Kabar Surabaya - Grand desain peta transportasi publik di Kota Surabaya perlahan-lahan sudah mulai terbentuk dengan rapi. Nantinya semua jalan yang ada di Kota Surabaya ini akan memiliki jalur khusus bagi transportasi publik. Hal ini mutlak diperlukan agar transportasi publik ini bisa dijangkau oleh masyarakat dengan mudah. Mulai dari lingkungan tempat tinggalnya sampai ke lokasi tujuan.

 


Tentunya, diperlukan beberapa persyaratan agar masyarakat bersedia untuk meninggalkan kendaraan pribadinya dirumah dan beralih menggunakan Transportasi Publik. Beberapa persyaratan yang harus ada diantaranya adalah keamanan, kenyamanan, kebersihan dan ketepatan waktunya. 

 

Semua persyaratan tersebut sepenuhnya telah ter-aplikasi pada Suroboyo Bus. Adanya Suroboyo Bus ini rupanya juga menarik minat dari Kementrian Perhubungan untuk ikut membantu mengembangkan transportasi di Kota Surabaya. Untuk itu pada hari Rabu (29/12/2021) kemarin, Kota Surabaya telah resmi memiliki sistim transportasi yang bernama Trans Semanggi Suroboyo.

 

Trans Semanggi Suroboyo ini akan mengelola beberapa moda transportasi, termasuk Suroboyo Bus dan 104 tambahan bus baru dari Kemenhub. Tambahan Bus baru ini bernama Teman Bus yang memiliki spesifikasi mirip seperti Suroboyo Bus. Pada saat launching kemarin penampakan Teman Bus ini memiliki body berwarna putih dan warna interiornya didominasi warna biru.

 

Penamaan Teman Bus ini diambil dari singkatan Transportasi Ekonomis, Mudah, Aman, dan Nyaman. Sistim dari Trans Semanggi Suroboyo ini nantinya berupa Buy The Service. Untuk ongkosnya sendiri dijamin cukup murah, yaitu bagi pelajar dan mahasiswa Rp 2000, sedangkan untuk masyarakat umum sebesar Rp 3000. Namun untuk uji coba ini, tarifnya masih akan bersifat gratis.

 

Nantinya, ke 104 Teman Bus ini akan melayani 6 koridor, yaitu :

- Koridor 1 (Terminal Purabaya ke Tanjung Perak via Jalan Raya Darmo), 

- Koridor 2 (Jalan Raya Lidah Wetan-Karang Menjangan-ITS), 

- Koridor 3 (Terminal Purabaya-Kenjeran via Merr), 

- Koridor 4 (GBT-UNESA-Mastrip) 


- Koridor 5 (Terminal Benowo-Tunjungan), 

- Koridor 6 (Terminal Purabaya-UNAIR Kampus C). 


Selama masa uji coba ini, Teman Bus masih akan melayani Koridor dua saja, mulai dari ITS sampai Jalan Raya Lidah Wetan. Sama seperti Suroboyo Bus, Teman Bus akan beroperasi mulai pukul 05.00wib hingga pukul 10.00wib. Dibelakang Teman Bus ini rupanya ada 3 perusahaan Otobus ternama yang menjadi penunjangnya, yaitu Kalisari, Tentrem, dan Harapan Jaya, Mereka bertiga tergabung dalam konsorsium yang bernama PT. Seduluran Bus Suroboyo. (hjt) 


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad