Cara Pembuatan SIKM Dan Persyaratan yang Dibutuhkanm SWAB Tes Gratis - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, June 23, 2021

Cara Pembuatan SIKM Dan Persyaratan yang Dibutuhkanm SWAB Tes Gratis

Cara Pembuatan SIKM Dan Persyaratan yang Dibutuhkanm SWAB Tes Gratis

 

Kabar Surabaya - Salah satu solusi yang ditawarkan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi kepada warga Madura yang ingin memasuki Kota Surabaya adalah dengan melengkapi dokumen SIKM. SIKM adalah Surat Izin Keluar Masuk yang nantinya harus di tunjukkan di Posko Penyekatn saat akan melintas.

 


SIKM sendiri memiliki masa berlaku selama tujuh hari. Dengan hanya menunjukkan dokumen ini, maka masyarakat bisa keluar masuk Kota Surabaya tanpa harus menjalani SWAB Tes di Posko Penyekatan. Dokumen ini mulai diberlakukan pada hari Senin (21/6/2021) dan wajib dimiliki terutama bagi warga  yang bekerja di Kota Surabaya. maupun sebaliknya  


SIKM ini memang diutamakan bagi warga yang setiap hari pulang-pergi Bangkalan-Surabaya. Seperti  halnya mereka yang berprofesi sebagi penjual sayur-mayur, buruh, pegawai swasta atau pegawai pemerintah pekerja informal, ataupun  kayawan. Dengan dokumen ini maka masyarakat hanya melakukan SWAB Tes sekali selama waktu tujuh hari sesuai dengan masa berlaku SIKM tersebut.

 

Pengurusan SIKM dibisa diurus oleh Kantor Kecamatan di wilayah tempat tinggal pemohon yang bersangkutan. Untuk kepengurusan SIKM ini pemohon harus menyertakan hasil negatif tes rapid antigen dan melampirkan surat keterangan dari instansi tempat bekerja dan/atau surat keterangan lain yang sesuai dengan aktifitasnya dari pihak terkait. 

 

Sedangkan untuk pelayanan tes rapid antigen ini bisa  dilaksanakan oleh RSUD Syarifah Ambami dan Puskesmas se-Kabupaten Bangkalan. Pelayanan Rapid Tes Antigen ini bisa dilakukan setiap hari kerja mulai Pukul 09.00 hingga 12.00 WIB  Sedangkan untuk biayanya pemerintah tidak akan memberikan tarif, alias gratis.

 

SIKM ini sifatnya wajib, sehingga bagi masyarakat yang akan melintas ke Jembatan Suramadu harus menunjukkan dokumen tersebut. Bagi yang tidak bisa menunjukkan, maka harus tetap melakukan SWAB Tes di Posko Penyekatan yang ada di Suramadu 

 

Harapannya, dengan adanya SIKM ini bisa berdampak baik bagi kesehatan di kedua kota, Baik Kota Surabaya maupun di Kabupaten Bangkalan sendiri. (yyan)
. akhir

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad