Surabaya Siapkan Vaksin COVID-19 Bagi Warga Berusia 18 Tahun Keatas, Begini Syarat Pendaftaran Dan Lokasinya - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, June 14, 2021

Surabaya Siapkan Vaksin COVID-19 Bagi Warga Berusia 18 Tahun Keatas, Begini Syarat Pendaftaran Dan Lokasinya

Surabaya Siapkan Vaksin COVID-19 Bagi Warga Berusia 18 Tahun Keatas, Begini Syarat Pendaftaran Dan Lokasinya  


Kabar Surabaya - Perjuangan melawan Virus COVID-19 di Indonesia ini belum juga usai. Meskipun saat ini kondisinya sudah membaik, namun penyakit ini rasanya masih benar-benar enggan pergi dari Tanah Air. Bahkan dalam beberapa minggu belakangan ini ada dua daerah yang meledak kasusnya, yaitu Kudus - Jawa Tengah dan Bangkalan Madura - Jawa Timur.

 

Hingga saat ini, dunia belum juga menemukan obat yang tepat bagi orang yang telah terpapar oleh Virus COVID-19 tersebut. Penanganan yang saat ini bisa dilakukan oleh pemerintah adalah dengan melakukan karantina terhadap mereka yang telh terinfeksi oleh virus yang berasal dari China ini. Selain itu mereka yang sakit juga diberikan beragam vitamin dan obat-obat guna meningkatkan imunitas tubuhnya.

 

Selain melakukan karantina dan pemberian asupan guna meningkatkan imunitas tubuh, pemerintah juga sudah mulai melakukan penyuntikan Vaksin COVID-19. Penyuntikan Vaksin COVID-19 kepada masyarakat ini telah dilakukan mulai akhir tahun lalu. 

 

Sudah ada beberapa kelompok masyarakat yang saat ini telah di suntik oleh Vaksin COVID-19 ini. Mulai dari tenaga medis, tenaga pendidik mulai PAUD hingga Guru SMA, PNS/ASN, Mereka yang ada di sektor pelayanan publik, pelaku UMKM hingga pedagang keliling, hingga para kader-kader relawan yang ada di berbagai bidang.

 

Bagi kelompok lansia ini Pemerintah Kota Surabaya telah menerapkan jemput bola dengan sistim door to door ke rumah warga. Hingga saat ini cakupan vaksin untuk para lansia sudah sangat banyak. Di Kota Surabaya sendiri para Lansia ini sangat bersemangat untuk datang ke Puskesmas terdekat guna mendapatkan suntikan vaksin COVID-19. 

 

Mulai hari ini, jangkauan suntikan Virus COVID-19 untuk lansia ditambah menuju ke usi Pra Lansia. Usia Pra-Lansia ini adalah mereka yang telah berusia 50 tahun keatas. Bagi masyarakat Kota Surabaya yang telah memasuki usia 50 tahun keatas bisa langsung datang ke Puskesmas terdekat tanpa perlu membayar biaya apapum, alias gratis.



Namun, banyak masyarakat yang saat ini menanyakan, bagaimanakah bagi mereka yang masih masuk dalam usia produktif...? Kapan mereka akan mendapatkan Vaksin COVID-19 ini...?. Dalam hal ini Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita mengemukakan bahwa pemberian vaksin untuk usia produktif akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat ini.Menurut Febria, 


Berdasarkan arahan dari pihak Kementerian Kesehatan, apabila target dari kelompok lansia yang telah divaksinasi di suatu daerah telah mencapai 86,4 persen, maka vaksinasi untuk usia 18 tahun ke atas sudah bisa dilakukan.

 

Dari data yang ada, kelompok lansia yang ada di Kota Surabaya ini sudah tervaksin sebanyak 86,47 untuk vaksin dosis pertama. Sedangkan untuk Dosis yang kedua sudah mencapai 73,91 persen. Jika minggu depan cakupan vaksin lansia sudah selesai, maka bisa melakukan vaksinasi bagi usia 18 tahun keatas.


Pada hari inipun Dinas Kesehatan Kota Surabaya juga telah membuka pendaftaran secara online melalui laman http://bit.ly/pendaftaranvaksin18tahun. Nantinya data yang masuk akan disegera diinput oleh Dinas Kesehatan Kota Surabaya guna pemanggilan untuk pemberian Vaksin COVID-19. 

 

Pendaftaran pemberian vaksin untuk tidak akan dibuka di tempat khusus guna menghindari kerumunan. Sedangkan untuk lokasi penyuntikan vaksin COVID19 untuk usia 18 tahun keatas akan diberikan di Puskesmas terdekat. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad