Surabaya Siaga COVID-19, Berikut Jadwal Pelaksanaan SWAB Test Di Tempat Umum Untuk Seminggu Kedepan - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, June 16, 2021

Surabaya Siaga COVID-19, Berikut Jadwal Pelaksanaan SWAB Test Di Tempat Umum Untuk Seminggu Kedepan

Surabaya Siaga COVID-19, Berikut Jadwal Pelaksanaan SWAB Test Di Tempat Umum Untuk Seminggu Kedepan

 

Kabar Surabaya -  Sebagaimana diketahui bersama, bahwasannya saat ini Indonesia belum benar-benar bisa lepas dari paparan Virus COVID-19. Padahal sudah hampir 2 tahun virus yang dari China ini hinggap di Tanah Air. Kondisi perkembangan dari virus COVID-19 ini juga masih naik turun penularannya. 


Setelah beberapa bulan lalu penularannya sudah melandai namun saat ini kembali naik secara tajam . Belakangan ini, pada beberapa kota di Indonesia telah melaporkan adanya ledakan warganya yang terpapar oleh Virus COVID-19. Seperti halnya di Kota Kudus, Kabupaten Bangkalan dan Kota Jakarta. 


Ledakan pasein yang terpapar COVID-19 di tiga kawasan tersebut sangat luar biasa, hingga membuat hampir semua fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan gedung karantina menjadi penuh. Jika hal ini terjadi lagi secara berkepanjangan, maka Indonesia benar-benar mengalami gelombang ketiga dari serangan Virus COVID-19.

 

Dari ketiga daerah tersebut, Kabupaten Bangkalan adalah daerah yang paling dekat dengan Kota Surabaya. Kedua daerah ini hanya dihubungkan dengan Jembatan Suramadu yang hanya membutuhkan kurang dari setengah jam saja untuk menyeberanginya. 


Saking dekatnya, penduduk Kota Surabaya dan penduduk di Kabupaten Bangkalan ini bisa saling bertukar posisi setip harinya. Karena itu banyak warga Kota Surabaya yang bekerja di Kabupaten Bangkalan, begitu juga sebaliknya, banyak warga Bangkalan yang bekerja di Kota Surabaya.

 

Kondisi inilah yang belakangan ini membuat angka penularan Virus COVID-19 di Kota Surabaya kembali naik tinggi. Kalau sebelumnya angka penularan di Kota Pahlawan ini hanya dibawah 5%, saat ini kondisinya sudah naik menjadi 9%. Kondisi ini tentu sangat membahayakan. Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah strategis untuk menanganinya.

 

Salah satu cara strategis yang ditempuh oleh Pemerintah Kota Surabaya adalah dengan memasifkan pemeriksaan SWAB Test kepada masyarakat. Pelaksanaan SWAB Test ini dilakukan di kedua sisi jembatan Suramadu, baik yang ada di Kota Surabaya maupun di Kabupaten Bangkalan. Harapannya tes ini mampu meminimalisir penyebaran Virus COVID-19 di kedua daerah tersebut.

 

Selain itu, Pemkot Surabaya juga telah menerjunkan kembali Tim SWAB Hunter ke tengah-tengah masyarakat. Tim ini akan melakukan kegiatan SWAB Test disuatu lokasi atau daerah yang dianggap berpotensi terjadi penularan Virus COVID-19 dikawasan tersebut. Lokasi ini bisa berupa warkop, pasar tradisional, pasar modern maupun Mall.

 

Hingga satu minggu ini Pemkot Surabaya akan melakukan SWAB Test di beberapa Mall di Kota Surabaya. Hal ini tertuang dalam surat yang dikeluarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Dan Perlindungan Bencana dengan nomor 800/7105/436.8.4/2021.

 

Dalam surat tersebut terdapat jadwal pemeriksaan untuk seminggu kedepan. Jadwal tersebut adalah :

1. Lokasi Pasar Atom Surabaya : Senin, 14 Juni 2021 (14.00wib)

2. Lokasi Pusat Grosir Surabaya : Selasa, 15 Juni 2021 (11.00wib)


3. Lokasi Bg Junction Surabaya : Rabu, 16 Juni 2021 (14.00wib)

4. Lokasi PasarKapasa Surabaya : Rabu, 17 Juni 2021 (09.00wib)

5. Lokasi Tunjungan Plaza Surabaya : Kamis, 18 Juni 2021 (13.00wib)

6. Lokasi Jembatan Merah Plaza Surabaya : Jum'at, 19 Juni 2021 (15.00wib)


Advernativ.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad