Terganggu Dengan Populasi Kucing, Warga Bergotong Royong Untuk Menangkapnya - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, June 8, 2020

Terganggu Dengan Populasi Kucing, Warga Bergotong Royong Untuk Menangkapnya


Kabar Surabaya - Pada sebuah perkampungan atau perumahan di manapun lokasinya, pastilah akan terdapat hewan yang berjenis kucing. Kucing- ini merupakan hewan yang cukup banyak disukai oleh banyak orang. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan, akan membuat orang gampang menyukainya. Sehingga tidak jarang orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan. Baik itu kucing ras (Anggora / Persia). maupun kucing kampung.


Namun, jika populasi hewan kucing ini, terutama untuk kucing liar, sudah terlalu banyak akan cukup menyusahkan juga. Kondisi inilah yang dialami oleh warga Perumahan Taman Wiguna Selatan (TWS) yang ada di Kelurahan Gunung Anyar, Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya. Karena merasa terganggu oleh banyaknya kucing liar yang ada di wilayahnya, akhirnya warga perumahan tersebut sepakat untuk melakukan kerja bakti guna menangkap kucing-kucing liar tersebut.

Populasi kucing liar ini memang banyak dikeluhkan oleh warga perumahan TWS ini. Keluhan tersebut mulai dari bau yang tidak sedap yang berasal dari kotoran kucing, Merusak atap rumah (genting) maupun mencakar-cakar jok.

Kerja bakti penangkapan kucing liar ini adalah hasil musyawarah warga perumahan TWS yang telah dilaksanakan pada Hrai Jum'at (05/06/2020) lalu. Dan hasilnya warga bersepakan untuk melakukan kerja bakti pada hari Minggu (07/05/2020). Tepat pada pukul 07.00wib, para warga sudah berkumpul dengan mambawa alat yang diperlukan, seperti tongkat, jaring bola volley, jaring yang terbuat dari karung goni serta kandang kucing.

Dengan berkelompok, warga mulai menyisir gang demi gang yang ada di Perumahan TWS tersebut. Setiap ada kucing liar, warga mulai bersiap untuk menangkapnya dengan alat yang dibawanya. Meskipun tidak mudah, namun beberapa dari kucing liar ini telah berhasil di tangkap. Dalam waktu satu jam saja, para warga telah berhasil menangkap sekitar 6 kucing dewasa dan 2 anak kucing.


Panitia gotong royong penangkapan kucing liar ini menyatakan bahwa kucing yang tertangkap nantinya akan diserahkan kepada penampungan kucing liar. Panitia juga memastikan bahwa kucing liar ini tidak akan dibunuh maupun di siksa. Dengan diserahkan ke penampungan, harapannya kondisi kucing liar ini juga akan terawat dengan baik.

Tepat tengah hari kegiatan penangkapan kucing liar ini berakhir dan kucing-kucing yang tertangkap ini lantas dibawa ke tempat penampunga kucing liar yang telah dihubungi sebelumnya. (yyan)a

35 comments:

  1. Astagfirullah... Sesama makhluk Allah Sampek segitunya ga mau hidup berdampingan...

    ReplyDelete
  2. Seandai nya anda di takdirkan sebagai kucing yg selaku disalahkan, bahkan utk hanya minta makan saja sudah di tendang, coba lebih bertenggang rasa kepada mahluk ciptaan Tuhan, mungkin kalau kucing persia mereka berlomba utk merawatnya, berbebeda dgn kucing kampung yg selalu di diskriminasi kan.

    ReplyDelete
  3. Ya Allah kasian sekali nasib ciptaan-Mu,selalu disalahkan oleh sebagian manusia

    ReplyDelete
  4. Ya Allah kasian nasib ciptaan-Mu,selalu disalahkan oleh sebagian manusia

    ReplyDelete
  5. Tolong informasi tempat penampungan yang sudah di hubungin sebelumnya itu berada di surabaya sebelah mana?

    ReplyDelete
  6. Yaa allah kasihan banget tuu kucing.

    ReplyDelete
  7. Woy kucing jg mahuk Allah yg berhak hidup bebas jgn seenak2nya aja kalian nangkep2in, klu kalian jd kucing mw gak di perlakukan sprti itu, klu kalian gak mw populasi kucing2 mkin byk alangkah baiknya bantu utk mensterilkan kucing2 liar bknnya di tangkep2in begoo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo semua di stril lama lama akan jadi kucing langka dan punah

      Delete
  8. Sungguh kalian sombong dan tidak punya hati .. Tidak sadarkah bahwa ada mahluk lain yg berhak hidup di muka bumi ini.

    ReplyDelete
  9. Tega sekali sih sama kucing,,,kasihan kan,,,mau dibawah kemana itu coba,,dipasar aja walau kucingnya ada puluhan pedagangnya gk terganggu kok,,,malah kucing liarnya gemuk²,,gk ditangkepin tuh,,,

    ReplyDelete
  10. Dasar manusia gak punya hati dan gak punya otak @ kucing itu bukan hama atau virus penyakit @ virus penyakit itu ada di otak dan dihati kalian yg sombong dan egois @ semoga Allah menurunkan azab ke wilayah kalian sampai tujuh turunan...😑😑😑

    ReplyDelete
  11. Terus aku kudu piye 😭😭

    ReplyDelete
  12. Sebenarnya apa yg di ganggu dr para kucing ini,klu merasa terganggu biar tdk berkembang sterilkan biar gk berkembang biak bkn dgn menangkapnya trs menyerahkan ke penampungan,.kbtln rmh sy di jdkan org tmpt pembuangan kucing ttp sy urusi mrk ,dr perawatan sampai sy juga sterilkan utk yg betina juga laki"nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, harusnya bukan main serahin ke penampungan. Harusnya mrk juga berswadaya membantu penampungan untuk mensterilkan kucing2 tsb

      Delete
  13. Ya ALLAH kasian nasib kucing2 itu....sm2 ciptaan ALLAH...ya ALLAH lindunginlah semya kucing jlnan diluar sana dr sgl penyakit,mara bhy,niatan org jahat & berilah kucing2 diluar sana kemudahan dlm mencr mkn & minum aamiin YRA🀲🀲🀲 ya ALLAH smg smkn byk yg care sm kucing jlnan aamiin YRA🀲🀲🀲

    ReplyDelete
  14. Kucing juga ciptaan Allah . Maka peliharalah dia . Dengan kita juga ada rezekinya .

    ReplyDelete
  15. Harus nya warga kumpulin dana utk mensteril.kucing yg berkeliaran utk.menekan populasi, bukannya di tangkap,,.wajar klo hewan.itu.nuanh kotoran sembarangan krn hewan tdk punya pikiran, kecuali manusia buang kotoran sembarangan berarti manusia tan sprt.hewann, kucing itu kesayangan.nabi,,,

    ReplyDelete
  16. Kelewatan tuh warga Surabaya sombong sekali anda ,ingt Allah akan menurun kan azab d kompleks mu lihat aja ya Allah maha segala nya Aamiin

    ReplyDelete
  17. Kucing juga mahluk ciptaan Allah kucing kesayangan nabi mengapa kalian tega memperlakukan dgn menjaring Oba klau kalian di buat sperti itu bgaimana

    ReplyDelete
  18. Ya Allah ada apa dengan para manusia itu? Sesombong itu kah sebagai sesama Makhluk Ciptaan Tuhan. Pasti ada alasan Tuhan menciptakan setiap Makhluk NYA di dunia. Bisa jadi keberadaan dan populasi kucing liar yang dianggap mengganggu ini justru memiliki alasan untuk kebaikan alam semesta, atau paling tidak mengingatkan kita sebagai manusia untuk sekedar berbagi makanan dan kasih sayang. Mengingatkan kita bahwa setiap yang ada pada kita bukan lah semua milik kita. Tapi mungkin ada rezeki untuk para kucing liar yang dititipkan Tuhan melalui kita. Sadarlah bahwa Bumi tempat kita berpijak adalah milik Allah. Manusia, kucing dan makhluk hidup lainnya hanya sekedar singgah di bumi ini. Maka berbuat baiklah kita kepada sesama Makhluk hidup πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  19. Ada yg pake tongkat?
    Bisa jelasin buat apa?
    Membaca ini kejadian di suatu kompleks perumahan ohh saya jadi maklum akhirnya, sebab kalo di kampung gak bakal phobia se-ekstrim ini.

    ReplyDelete
  20. Yang tertangkap 6 kucing dewasa dan 2 anak2? Gak salah? katanya terganggu sama populasi kucing, maaf saya pikir ada puluhan kucing begitu. Dirumah saya aja ada 5 kucing πŸ˜„

    ReplyDelete
  21. Masyarakat juga perlu di didik dengan benar.. jangan cuma mau lucu nya saja, pelihara kucing waktu kecil, tetapi setelah kucing besar lalu tidak diberi makan, berkeliaran di jalan jadi kucing liar. Atau pindah rumah, kucing nya ditinggal. Kalau tidak mau kucing nya beranak-pinak, bawa ke dokter buat dikebiri, supaya tidak menghasilkan anak-anak kucing liar. Belajar memelihara binatang dengan penuh tanggung jawab.

    ReplyDelete
  22. Manusia diciptakan sebagai khalifah dibumi ini, tapi dengan alasan merasa terganggu luntur sudah kemuliaan manusia, tidak bisa merawat tapi justru mengusik , kalian hebat,. Coba aja kalian yg diciptain jd hewan dan diperlakukan seperti itu, saya juga mau protes kepada pemerintah pusat maupun daerah, sangat sangat sulit mau mensteril kucing dengan dana bantuan, jakarta saja hanya ada 1 tempat, dan saya menemukan relawan" yg mau mensteril dengan harga murah tp takut diekspos karna dokter" hewan tidak menyukai steril dengan harga murah itu, dimana peran pemerintah yg menengahi ini semua ? Tidak ada solusi hanya berkoar" akan ada bantuan , bulshit

    ReplyDelete
  23. Aku kira kucingx banyak sekitar 30 ekor an kalo cuma 6 ekor ya ngga banyak loh bapak ibu wajar la mereka hidup di lokasi sekitar rumah sampean... Berbuat baiklah sedikit kepada mereka sama juga bpk ibu bersedekah dan pasti ada imbal balikx di hari perhitungan nanti

    ReplyDelete
  24. Wuaaaahhhh merasa terganggu dgn lopulasi kucing. Kucing hanya 6 ekor aja sdh blng populasi. Sombong kaliii orang2 itu. Di surabaya ktny ada pecinta kucing kampung( liar) tolong dong di tanggani. Pd orang2 yg sombong pada hewan ciptaan nabi. Awas allah akan turunkan azab pda mu.

    ReplyDelete
  25. Berani nya nangkap kucing berani gak nangkap CORONA!!!Kena azab satu komplek sama Alloh baru tau rasa kaliyan...

    ReplyDelete
  26. Saya heran dengan kucing 6 ekor saja sudah terganggu. Klo tidak suka mwreka pup sembarangan ya dididik. Kucing juga bisa diajari. Maaf rumah saya sering jadi tempat orang buang kucing atau kucing liar datang karena memang banyak kucing. Mereka tau balas budi ko. Ga oup sembarangan ga rusak barang. Paling banter cuma spraying itu pun saat sedang masanya berahi. Tolonglah jangan seperti itu. Btw kucing saya 14

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau kucing lg...sy kasi klo mau 5..induk ma anaknya...

      Delete
  27. Manusianya terlalu lebay..
    Mereka juga ingin hidup bebas..
    Kalo mereka di beri makan dan pasir juga mereka gak akan nakal..
    Semoga aja si kucing mendapat perlakuan yang baik.

    ReplyDelete
  28. Saya juga menampung kucing liar tapi baru dua yg besar lima baby cat, rumahku kecil dua kamar , anakku empat, tapi aku bersyukur ada kucing. Sayang tetanggaku yg kurang suka kucing. Aku ingin cari rumah yg luas, tapi belum tahu kapan . Doakan ya semoga ada solusi yg terbaik. Klo utk yg di surabaya ini, keterlaluan mereka, coba satu tumah pelihara beberapa ekor. Atau buat halaman khusus penangkaran kucing. Mereka kan orang yg cukup, tdk miskin. Masak nggak bisa sedikitpun sedekah sama kucing.

    ReplyDelete
  29. Mengalahkan iblis kesombongannya

    ReplyDelete

Post Bottom Ad