Seperti Ini Type Dan Luasan Rumah Dinas Menteri Di IKN - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, March 25, 2024

Seperti Ini Type Dan Luasan Rumah Dinas Menteri Di IKN


Seperti Ini Type Dan Luasan Rumah Dinas Menteri Di IKN


Kabar Surabaya - Spesifikasi rumah dinas menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi sorotan setelah dikritik oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Pandjaitan karena dianggap terlalu kecil. Rumah dinas menteri di IKN mengusung konsep open space dengan luas bangunan 580 meter persegi dan lahan seluas 1.000 meter persegi, yang lebih kecil dibandingkan dengan perumahan dinas menteri di Widya Chandra, Jakarta Selatan. 


Berdasarkan informasi dari Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pembangunan 36 rumah dinas menteri di IKN memakan biaya sebesar Rp519,05 miliar melalui skema Multi Years Contract (MYC) 2022-2024, atau setara dengan Rp14,4 miliar per unit.



Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, menjelaskan bahwa alokasi anggaran tersebut termasuk perabotan sehingga rumah sudah siap huni. "Harga tersebut termasuk full furnished, jadi sudah termasuk isinya. Nanti memang Bapak dan Ibu Menteri yang akan menempati rumah tersebut, tinggal masuk saja," ujar Iwan. 


Rumah tapak tersebut memiliki 2 lantai dan 1 lantai semi-basement, dan akan mirip dengan Widya Chandra Residence di Jakarta. PUPR telah menyiapkan dua tipe desain rumah, yaitu tipe downslope dan tipe upslope, dengan luas bangunan 580 meter persegi dan luas lahan 1.000 meter persegi.


Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga, menyatakan bahwa hingga periode 8 Februari 2024, progres pembangunan rumah tapak jabatan menteri hampir rampung dan telah mencapai 78%. "Progres proyek di IKN dalam 1 minggu meningkat 2 hingga 3%, sehingga kami optimis konstruksi rumah tapak jabatan menteri dapat mulai dilakukan commisioning pada Juni 2024 dan siap ditinggali oleh para Menteri pada Juli 2024," kata Danis.


Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa rumah menteri di IKN memang lebih kecil dari rumah di Widya Chandra, tetapi disesuaikan dengan konsep compact city yang telah disepakati dalam desain pemenang sayembara. 


Rumah tersebut tidak memiliki fasilitas sebesar rumah di Widya Chandra. "Fasilitasnya biasa, seperti kamar tidur, dapur, ruang tamu, ruang rapat, dan tipe bangunannya sama. Jadi, tidak lebih mewah, yang di Widya Chandra lebih mewah," ujarnya.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad