Mudik Gratis 2024 Bisa Daftar Online, Berikut Jadwal Pendaftaran Dan Link Pendaftaran - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, March 1, 2024

Mudik Gratis 2024 Bisa Daftar Online, Berikut Jadwal Pendaftaran Dan Link Pendaftaran

Mudik Gratis 2024 Bisa Daftar Online, Berikut Jadwal Pendaftaran Dan Link Pendaftaran


Kabar Surabaya - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menginisiasi program Mudik Gratis pada perayaan Lebaran tahun 2024, khususnya untuk pemudik sepeda motor. Program ini dirancang untuk memberikan alternatif transportasi bagi pemudik sepeda motor, mengurangi risiko kecelakaan yang tinggi selama perjalanan jarak jauh. Adita Irawati, Juru Bicara Kemenhub, menjelaskan bahwa selain penumpang, sepeda motor juga akan diangkut secara gratis, memungkinkan pemudik untuk bermobilitas di tempat tujuan.



Program Mudik Gratis Kemenhub melibatkan berbagai moda transportasi, termasuk bus, kereta api, dan kapal laut. Inisiatif ini tersebar di beberapa titik simpul transportasi, mencakup jalur darat, laut, dan kereta api. Bagi pemudik yang memilih jalur darat, Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub menggelar program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk. Pendaftaran untuk program gratis ini dapat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat mulai tanggal 5 Maret hingga 3 April 2024.


Kuota Mudik Gratis Kemenhub untuk jalur darat mencakup 722 unit bus yang dapat menampung 30.088 penumpang, serta 30 unit truk yang dapat membawa 900 sepeda motor. Keberangkatan arus mudik dengan bus dan truk dijadwalkan pada 5-7 April 2024, sementara arus balik akan dilaksanakan pada 14-15 April 2024.


Dalam rangka jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut menyelenggarakan program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut. Kuota untuk jalur ini mencakup 9.800 penumpang dan 4.800 sepeda motor, dengan keberangkatan dijadwalkan pada 3-17 April 2024.


Sementara itu, untuk pemudik yang memilih jalur kereta api, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub menawarkan program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api. Pemesanan tiket dapat dilakukan mulai tanggal 4 Maret hingga 18 April 2024. Kuota yang tersedia mencakup 28.196 penumpang dan 12.180 sepeda motor. Keberangkatan arus mudik dijadwalkan pada 2-8 April 2024, sementara arus balik akan dilakukan pada 13-19 April 2024.


k
Program ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pemudik sepeda motor dan mengurangi risiko kecelakaan selama musim mudik Lebaran 2024. Bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan mengakses portal resmi Kemenhub atau mengikuti panduan pendaftaran yang akan diumumkan di masing-masing jalur transportasi.

 

Namun untuklink pendaftaran Mudik Gratis 2024 Kementrian Perhubungan, samoai berita ini diturunkan masih belum bisa diakses. Nantinya akan kami infokan kembali kapan link pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub 2024 bisa diakses kembali. Link tersebut adalah https://mudikgratis.dephub.go.id/. (yyan)  


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad