Pemerintah Gratiskan Ruas Tol Ini Saat Mudik Lebaran - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, March 28, 2024

Pemerintah Gratiskan Ruas Tol Ini Saat Mudik Lebaran

Pemerintah Gratiskan Ruas Tol Ini Saat Mudik Lebaran


Kabar Surabaya -  Pemerintah telah mengumumkan rencananya untuk mengoperasikan 6 ruas jalan tol baru secara fungsional selama musim mudik Lebaran 2024 guna mengurangi kepadatan lalu lintas jelang Hari Raya Idulfitri. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menyampaikan bahwa keputusan tersebut diambil dalam upaya mengatasi lonjakan volume kendaraan pada masa mudik yang diperkirakan akan mencapai puncaknya antara tanggal 5 hingga 7 April 2024 mendatang.


Seddangkan arus balik diperkirakan pada 14 hingga 15 April 2024. Menurut survei Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik diprediksi mencapai 193,6 juta orang, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 123,8 juta orang.



Berdasarkan informasi yang dirilis, pemerintah bersiap mengoperasikan 6 ruas tol baru secara gratis untuk membantu mengalihkan arus kendaraan dari ruas tol yang sudah ada. Keenam ruas tol tersebut meliputi jaringan Jalan Tol Trans Jawa (JTT) dan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). Berikut adalah daftar 6 ruas tol yang akan beroperasi gratis selama musim mudik Lebaran 2024:


Tol Cimanggis-Cibitung

Tol Jakarta-Cikampek II Selatan

Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo

Tol Bangkinang-Koto Kampar

Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat

Tol Indrapura-Kisaran


Selain pengoperasian ruas tol baru, pemerintah juga sedang mempertimbangkan untuk menambah jumlah rest area di setiap ruas tol, serta rest area darurat di sekitar pemukiman warga. Selain itu, diskon tarif jalan tol juga akan diberlakukan pada H-2, H-1, H+1, dan H+2 guna mengurangi kepadatan lalu lintas pada puncak musim mudik dan arus balik.


Selain persiapan infrastruktur transportasi, Muhadjir juga menegaskan bahwa pemerintah sedang memastikan ketersediaan pangan dan stabilitas harga bahan pokok, serta mempersiapkan rumah ibadah menjelang Hari Raya Idulfitri 1446 H/2024 M. Hal ini mencakup penyiapan rumah ibadah, penyediaan pangan, khususnya bahan pokok, dan infrastruktur transportasi.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad