Pawai Ogoh - Ogoh Surabaya, Info Waktu Dan Lokasi Parkir Kendaraan - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, March 7, 2024

Pawai Ogoh - Ogoh Surabaya, Info Waktu Dan Lokasi Parkir Kendaraan

Pawai Ogoh - Ogoh Surabaya, Info Waktu Dan Lokasi Parkir Kendaraan


Kabar Surabaya - Pada Minggu (10/3/2024), Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah merencanakan penyelenggaraan pawai seni ogoh-ogoh sebagai bagian dari perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946. Acara ini akan dihelat di Halaman Balai Kota Surabaya, dimulai pukul 14.00 WIB, sebagai upaya bersama Pemkot Surabaya dan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Surabaya untuk merayakan keberagaman.


Maria Theresia Ekawati Rahayu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya, menyatakan bahwa pawai seni ogoh-ogoh ini merupakan wujud dari semangat rumah toleransi Balai Kota. Dalam rangka perayaan Hari Raya Nyepi, acara ini dijadwalkan akan dihadiri oleh sekitar 2.500 umat Hindu di Kota Surabaya.



Rute pawai ini akan dimulai dari Jalan Walikota Mustajab, melintasi Jalan Sedap Malam, Jalan Jimerto, hingga mencapai Jalan Jaksa Agung Suprapto Kota Surabaya. Sebanyak lima patung ogoh-ogoh akan diarak berkeliling, satu di antaranya akan menjadi dekorasi di halaman Balai Kota, sedangkan empat lainnya berasal dari Pura Segara, Kenjeran.

"PHDI akan menampilkan seni seperti Tabuh Baleganjur dan sendratari Sat Cit Ananda. Pemkot Surabaya, melalui Disbudporapar Surabaya, akan turut serta dengan menampilkan Barongsai," tambah Yayuk, yang merupakan perwakilan Pemkot Surabaya.


Sedangkan untuk lokasi parkir kendaraan, masyarakat bisa menempatkannya di Grand City mall, Jalan BKR Pelajar, Jalan Wijaya Kusuma dan Jalan Pacar. Untuk jalan depan Balai Kota Khusus Parkir VVIP.   


Setelah pawai, empat patung ogoh-ogoh akan kembali ke Pura Segara, Kenjeran, untuk menjalani ritual keagamaan prosesi pembakaran. Sementara itu, satu ogoh-ogoh akan tetap menjadi dekorasi di halaman Balai Kota.


Sebelum pawai, umat Hindu telah melakukan ritual atau prosesi keagamaan di Pura Segara Kenjeran. Acara ini tidak hanya terbuka bagi umat Hindu, melainkan juga untuk masyarakat umum yang ingin menyaksikan dan merasakan keindahan Pawai Seni Ogoh-Ogoh sebagai bagian dari perayaan Hari Raya Nyepi tahun 2024.


Dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946, Dedik Irianto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, juga menginformasikan bahwa ornamen dekorasi berupa ogoh-ogoh dan pura telah dipasang di Halaman Balai Kota dan Balai Pemuda Surabaya. Warga diundang untuk melintas dan berfoto di sana, mengabadikan momen perayaan keberagaman yang dirayakan oleh masyarakat Surabaya. 


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad