Seperti Ini Soal - Soal Tes Psikologi yang Digunakan Untuk Perpanjangan Sim - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, January 25, 2021

Seperti Ini Soal - Soal Tes Psikologi yang Digunakan Untuk Perpanjangan Sim


Seperti Ini Soal - Soal Tes Psikologi yang Digunakan Untuk Perpanjangan Sim

 

Kabar Surabaya - Sebagaimana diketahui bersama bahwa proses pembuatan SIM Baru mupun Perpanjangan SIM Lama harus menyertakan juga syarat baru, yaitu lulus dari Tes Psikologi. Tes Psikologi ini memang baru ditetapkn pad tahun 2019 lalu. Hal ini tentunya membuat proses pengurusan SIM menjadi lebih lama lagi. 


Selain waktu yang lebih lama, biaya kepengurusan SIM juga lebih mahal. Hal ini dikarenkan untuk mengikuti Tes Psikologi ini setiap pemohon SIM wajib membayar Rp 50.000. Sedangkan untuk pengurusan SIM A dan C dalam waktu yang sama akan dikenakan tarif Rp 75.000. Tarif ini sama, baik untuk pengurusan SIM Baru maupun untuk pengurusan Perpanjangan SIM. Untuk Kota Surabaya sendiri, pihak ketiga yang ditunjuk sebagai penguji Tes Psikologi ini adalah lembaga Psikologi Musa Berjaya.

 


Masa berlaku dari Surat Tes Psikologi ini adalah satu minggu. Jadi, dari pada terburu-buru saat melakukan perpanjangan atau pembuatan SIM, lebih baik mnelakukan Tes Psikologi terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya. Sehingga anda tidak perlu antri terlalu lama saat melakukan pengurusan SIM.

 

Saat ini, semua SIM Corner yang ada di Kota Surabaya ini telah dilengkapi dengan ruangan Tes Psikologi. Seperti halnya SIM Corner yang berada di dalam Mall Tunjungan Paza 1 Surabaya ini. SIM Corner ini memiliki ruang Tes Psikologi di Mall Tunjungan Paza 2 lantai dasar . Jaraknya sekitar 100 meter dari lokasi SIM Corner.

 

Lokasi Tes Psikologi Di Tunjungan Plaza ini buka mengikuti jam buka mall, yaitu pukul 11.00wib dan ada jeda istirahat pada pukul 13.00wib. Setelah istirahat, akan buka lagi pada pukul 15.00wib. Sebelum anda mengikuti Tes Psikologi, pastikan  sudah memiliki foto copy dari KTP dan SIM yang masa berlakunya sudah habis, masing-masing 1 lebar saja.

 

Dalam ruangan tersebut terdapat dua orang petugas yang akan mengarahkan para pemohon SIM.  Sebelumnya akan dilakukan pendataan terlebih dahulu dan menerima pembayaran. Setelah melakukan pembayaran, pemohon SIM akan berikan arahan untuk mengisi pertanyaan yang ada, Untuk pemohon perpanjangan SIM, pertanyaan yang diujikan hanya 15 soal saja. 


Apakah soal-soal ini mengenai aturan-aturan berlalu-lintas dijalan raya...?. Rupanya soal Psikologi ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan peraturan berlalu lintas. Soal psikologi ini lebih menilai kejiwaan dari pemohon SIM. Soal-soal yang diujikan ini banyak bertemakan Kecermatan dalam berkendara, Adaptasi, Konsistensi Kerja, Pengendalian Diri dan Stabilitas Emosi.


Beberapa contoh dari Soal Psikologi ini adalah :

1. Apakah anda mersa lebih tenang dari pada orang lain..?

2. Apakah anda sering mengalami mimpi buruk saat malam hari..?

3. Apakah anda sering sakit perut lebih dari sekali dalam satu minggu...?

4. Apakah anda sering merasa gugup..?

 


Dari semua pertanyaan tersebut, anda hanya menjawa Ya dan Tidak, Untuk waktu pengerjaannya sekitar 15 menit. Namun dari pantauan dilapangan, hampir semua orang mampu mengerjakannya hanya dalam waktu sekitar 5 menitan saja. Dan hampir semuanya dinyatakan lulus. Bagi yang tidak lulus akan diberikan kesempatan mengulang hingga 3x saja. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad