Suara Misterius di Kawasan Madiun Solo Kagetkan Banyak Pengendara - Kabar Surabaya

Breaking

Sunday, June 21, 2020

Suara Misterius di Kawasan Madiun Solo Kagetkan Banyak Pengendara

Suara Misterius di Kawasan Madiun Solo Kagetkan Banyak Pengendara


Kabar Surabaya - Kapankan anda terakhir kali bepergian ke Madiun / Solo...?. Bagi anda yang suka melakukan perjalanan pada malam hari, mungkin sekarang anda harus melakukannya dengan hati-hati. Terutama bagi anda yang mengunakan mobil. Hal ini dikarenakan adanya suara misterius yang acapkali terdengar saat kendaraan sudah mencapai kecepatan antara 80km hingga 100km/jam.


Suara Misterius ini sering terdengar bagi pengendara yang melintasi ruas jalan tol Trans Jawa. Tepatnya di ruas jalan Tol Jombang Ngawi Kertosono (JNK). Suara ini bakal terdengar semakin jelas pada saat pengendara melintas pada malam hari. Suaranya bahkan terdengar jelas hingga menembus ke dalam kabin mobil.

Suara Misterius ini seringkali terdengan pada titik KM644 + 200B. Namun jangan khawatir, karena Suara Misterius ini bukanlah suara yang menakutkan. Suara ini malah terdengar seperti nada yang mengucapkan "Selamat Ulang Tahun" kepada pengendara yang melintas pada titik tersebut. Terutama bagi pengendara yang mengambil lajur kanan.

Hal ini rupanya memang sarana yang sengaja dipasang oleh pihak pengelola Jalan Tol PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK). Oleh pengelola jalan tol, sarana jalan ini disebut sebagai Singing Road atau Jalan Bernada. Infrastruktur jalan bernada ini berupa speed trap dengan ketinggian 3 milimeter. Setidaknya ada 6 pasang spreed trap yang memiliki panjang sekitar setengah meter. Saat ban mobil melewati speed trap inilah akan terdengar nada lagu "Happy Birtday To You".      


Lantas, apa sebenarnya manfaat dari Jalan Bernada ini...?. fasilitas jalan Bernada ini rupanya dipasang untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara. Sebagaimana diketahui, bahwasannya Jalan Tol Trans Jawa ini adalah tol terpanjang yang ada di Indonesia saat ini. Berkendara melewati jalan tol dalam waktu yang lama dengan permukaan jalan yang rata ternyata sangat rawan menurunkan konsentrasi bagi pengemudi.

Oleh karena itu pihak pengelola membangun fasilitas jalan bernada ini agar konsentrasi pengemudi tetap terjaga. Lokasi KM 644 sengaja dipilih, karena berdasarkan survey yang dilakukan, lokasi tersebut sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Fasilitas jalan bernada ini adalah satu-satunya fasilitas yang ada di Indonesa.


Bagi anda yang pertamak kali melewati ruas jalan tol di KM 644 ini akan melihat rambu Jalan Bernada ini di sisi sebelah kiri. Rambu ini bergambar mobil dengan garus-garis kecil pada kedua rodanya. Pengendara akan mendengar nada yang dilantunkan apabila berada pada jalur kanan yang terdapat fasilitas speed trap jalan bernada tersebut.

Beberapa pengendara yang melintasi fasilitas jalan bernada ini, terasa laju mobolnya langsung sedikit tertahan lalu terdengar nada 'happy Birthday Yo Tuu" tersebut. (yyan)

1 comment:

Post Bottom Ad