Kampung Sereh Surabaya Perkenalkan Wisata Sunday Market Berbasis Alam - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, June 16, 2020

Kampung Sereh Surabaya Perkenalkan Wisata Sunday Market Berbasis Alam

Kampung Sereh Surabaya Perkenalkan Wisata Sunday Market Berbasis Alam


Kabar Surabaya - Mengelola suatu pemukiman penduduk adalah hal yang tidak bisa dianggap mudah. Banyak hal yang harus dikerjakan dan direncanakan dengan baik. Dan semua itu tentunya sangat membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Apalagi saat musim pandemi COVID-19 seperti saat ini,anggaran untuk keamanan pastilah meningkat. Namun disisi lain para pengurus kampung tidak ingin membebani warga dengan menaikkan iuran. 


Salah satu cara unik yang mungkin bisa ditiru adalah bagaimana cara pengurus Kampung Sereh untuk mendapatkan pemasukan kas tanpa membebani warga. Cara ini malah membuat warga menjadi gembira dan senang karena mendapatkan pengalaman baru yang seru.

Event yang rencananya bakal digelar setiap hari Minggu ini diberi nama Sunday Market. Konsep dari Sunday Market ini adalah mengajak warga yang hadir untuk merasakan sendiri memanen beragam sayuran yang ada di Kampung Sereh ini. Pada permulaan awal ini ragam tanaman yang ada masih berupa Kangkung dan Bayam. Kedepan jenis tanamannya akan ditambah dengan Cabai, Terong Tomat dan Buah Melon.

Lahan sayuran yang ada di Kampung Sereh ini terletak di Lapangan Gazebo RT-02. Sebenarnya lahan yang dipakai untuk melakukan penanaman beragam sayuran ini adalah lapangan sepak bola. Karena saat pandemi Virus Covid-19 ini ada larangan untuk olahraga secara bergerombol, maka otomatis lapangan sepak bila ini tidak pernah dipakai. Daripada lapangan ini menganggur, akhirnya para pengurus Kampung Sereh menyulapnya menjadi lahan pertanian dengan konsep Urban Farming.

Beragam sayuran yang ada di lapangan sepak bola in tidak ditanam langsung di tanah lapang. Melainkan dengan menggunakan sistim bongkar pasang. jadi, kapanpun lapangan ini nantinya akan diaktifkan kembali, maka lahan sayuran ini bisa langsung dibongkar.


Lahan sayuran yang digunakan ini berupa petak-petak persegi panyang berukuran 1.5 mteter x 4 meter. pada bagian alasnya diberikan terpal plastik dan tepinya diberikan pembatas paralon plasting dengan ketinggian 15cm. Untuk pengadaan media tanahnya, pengurus Kampung Sereh berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Ruang Terbuka Hijau (DKPP) Kota Surabaya.

Sedangkan untuk pupuknya, pengurus Kampung Sereh mendapatkan pasokan sampah organik berupa sisa-sisa makanan dari warga. Sampah inilah yang kemudian diolah menjadi pupuk bagi baragam sayuran yang ada di lapangan Gazebo ini. Pupuk organik inilah yang menjaga agar sayuran yang dihasilkan tetap segar, hijau, bebas hama dan bebas pestisida.


Sayuran yang hijau, segar dan bebas pestisida inilah yang selalu menarik pengunjung untuk datang ke evant Sunday Market. Disamping itu para pengunjung disini bisa merasakan sensasi memetik sayuran langsung dari petaknya.

Hal inilah yang kemaren dialami oleh warga Kampung Sereh saat event pertama Sunday Market dilaksanakan. Acara yang digelar pada hari Minggu (14/06/2020) pagi juga didukung oleh kondisi cuaca yang mendung dan sedikit gerimis. Beberapa warga malah berceletuk kalau hawanya terasa seperti di Kota Malang.

Warga yang datang ke Gazebo RT-02 ini tampak ceria memanen kangkung dan bayam dari petak yang telah disediakan. Bahkan beberapa diantara mereka tampak berebut untuk mancabut kangkung dari tanahnya. Tidak jarang diantara mereka juga memanfaatkan moment memetik sayur ini untuk diabadikan dan diupload pada media soasial masing-masing.


Warga yang datang juga sangat meng-apresiasi para pengurus dari Kampung Sereh ini. karena mampu membuat suasana yang berbeda dengan menghadirkan Event Sunday Market yang sangat apik ini. Selain itu warga juga memuji kualitas sayuran yang ada di tanam oleh pengurus Kampung Sereh ini.

Fifi, salah satu warga kampung Sereh yang pada Hari Minggu kemarin ikut serta dalam acara panen sayur ini mengungkapkan kalau sayuran yang ada didapatkan di sini lebih fresh, dan masih muda sehingga enak untuk di olah.

"Kalau dari pasar, banyak yang sayurannya sudah tua, di sini enak, seger, muda dan masih Crunchy untuk diolah menjadi masakan,". (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad