Daerah Di Jatim Ini Menyatakan Diri Sebagai Zona Hijau dan Siap Bersekolah Dengan Normal - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, June 16, 2020

Daerah Di Jatim Ini Menyatakan Diri Sebagai Zona Hijau dan Siap Bersekolah Dengan Normal

Daerah Di Jatim Ini Menyatakan Diri Sebagai Zona Hijau dan Siap Bersekolah Dengan Normal

Kabar Surabaya - Bulan depan nanti, para siswa sudah akan mulai memulai tahun ajaran baru. Saat ini para siswa juga sudah mulai bersiap untuk masuk sekolah. Mereka sudah mulai daftar ulang, mempersiapkan seragam, buku dan peralatan sekolah lainnya. Pihak sekolah-pun juga sudah mulai mempersiapkan segala sesuatunya untuk kegiatan belajar - mengajar ini.


Namun, proses kegiatan belajar - mengajar di sekolah ini dijamin tidak akan bisa berjalan dengan normal. Hal ini dikarenakan masih adanya pandemi Virus COVID-19 yang masih betah tinggal di Indonesia. Jadi, dibeberapa wilayah, sistim belajar-mengajarnya tidak akan berjalan secara tatap muka. Melainkan masih akan mmeneruskan metode cara belajar yang lalu, yaitu dengan cara online dan menonton siaran dari TVRI. 

Dalam musim pandemi Corona seperti saat ini, Pihak pemerintah tidak ingin anak-anak Indonesia menjadi tertular. Resikonya akan menjadi sangat besar, jika ada anak yang tertular. karena anak-anak ini adalah calon para pemimpin bangsa nantinya. Menteri pendidikan Nadiem Makarim juga secara tegas menyatakan bahwa hanya sekolah yang berzona hijau yang bisa memulai aktifitas belajar mengajar secara tatap muka. Sedangkan untuk yang berzona kuning dan merah, metode pembelajarannya masih harus dilakukan secara online.

Saat ini pemerintah telah merilis Kabupaten / Kota di indonesia ini yang masih dalam Zona Hijau. Dikawasan ini tidak terdapat penularan Virus COVID-19 dan tidak ada orang yang terpapar oleh virus tersebut. Dalam data rilis tersebut ada 95 kabupaten / Kota di Indonesia yang dinyatakan masih berzona hujau.

Dari ke-95 daerah tersebut, tidak ada satupun Kabupaten / Kota di pulau Jawa yang masuk didalam daftarnya. Artinya semua Pulau Jawa masuk dalam Zona Merah. Termasuk di kawasan Jawa Timur yang dinyatakan dalam Zona Merah. Bahkan Kota Surabaya masuk Zona Hitam.


Namun, rupanya masih ada satu pulau di Jawa Timur yang menyatakan dirinya masih berada di Zona Hijau. Di pulau tersebut sampai saat ini memang belum ada warganya yang terpapar oleh Virus COVID-19. Pulau ini secara administratif masih berada dalam wilayah Kabupaten Sumenep, yaitu Pulau Sakala.

Meskipun Pulau Sakala masuk dalam kabupaten Sumenep, namun dari Sumenep masih harus membutuhkan waktu 19 jam lamanya. jaraknya sekitar 165mil laut dari pelabukan Kalianget. Jumlah penduduknya saat ini kemungkinan tidak sampai berjumlah 5000 orang.


Kondisi geografis yang sangat jauh dari Sumenep inilah yang mengakibatkan Pulau Sakala belum memiliki infrastruktur yang bagus dalam hal Internet. Selain itu jumlah siswanya juga tidak sebanyak daerah lainnya. Sehingga Dinas Pendidikan Jawa Timur memutuskan untuk melakukan proses belajar mengajar secara tatap muka di Pulau Sakala ini. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad