Loh, Pemkot Surabaya Malah Bangun Rumah Sakit COVID-19 Di Mall..? - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, January 29, 2021

Loh, Pemkot Surabaya Malah Bangun Rumah Sakit COVID-19 Di Mall..?


Loh, Pemkot Surabaya Malah Bangun Rumah Sakit COVID-19 Di Mall ..?


Kabar Surabaya - Perkembangan Virus COVID-19 di Indonesia ini telah memasuki babak baru. Banyak sebagian orang yang mengatakan bahwa saat ini adalah serangan gelombang kedua Virus yng berasal dari Tiongkok ini. Kali ini serangannya justru semakin cepat dan lebih mematikan. Kondisi ini bisa tampak dari penuhnya ruang perawatan yang ada di hampir semua rumah sakit rujukan.


Kondisi yang sama juga dialami oleh Kota Surabaya, dimana menurut Plt.Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana dalam beberapa hari ini  ruangan ICU (Intensive Care Unit) bagi pasien Covid-19 di rumah sakit Surabaya mencapai 100 persen. Oleh karena itu, pembangunan unit rumah sakit baru sangatlah dibutuhkan agar semua masyarakat yang terpapar oleh Virus Corona ini dapat ditangani.



Apalagi, Kota Surabaya adalah Ibukota Provinsi Jawa Timur, dimana ada banyak pasien dari luar kota yang juga dirawat di Kota Pahlawan ini. Hal inilah yang akhirnya membuat rumah sakit rujukan COVID-19 di Surabaya ini menjadi penuh.

 

Hal inilah yang kemudian melatar belakangi Pemerintah Kota Surabaya untuk membangun unit baru rumah sakit khusus untuk penanganan pasien COVID-19. Uniknya rumah sakit ini dibangun di area pusat perbelanjaan / Mall yang ada dikawasan Surabaya selatan, yaitu Mall City Of Tomorrow (Cito). 

 

Meskipun dibangun di area Mall, pihak Pemkot Surabaya akan terus memastikan kalau arus keluar masuk antara masyarakat pengunjung Mall dan rumah sakit khusus COVID-19 ini terpisah. Untuk itu, kemarin Plt.Walikota dan Kepala Dinas Kesehatan melakukan sidak guna memantau kesiapan dari rumah sakit ini.

 

Nantinya, kapasitas dari rumah sakit ini bisa dimaksimalkan hingga mmpu menampung 186 pasien. Sedangkan untuk ruang ICU-nya akan mampu menampung hingga 16 pasien. Tentu saja harapannya, dengan selesainya pembangunan rumah sakit baru ini,maka kapasitas rumah sakit lainnya bisa ditekan.  Jadi warga luar kota yang dirujuk ke Kota Surabaya bisa dirawat disini.

 

Siloam Hospital Group, selaku operator yang akan mengelola rumah sakit Mall ini mengatakan siap mendukung Pemerintah Kota Surabaya untuk pengadaan dan pengelolaan Rumah Sakit di Mall Cito ini. Pihaknya akan mensuport penuh kegiataan dari rumah sakit, termsuk dengan pengadaan tenaga medisnya yang membutuhkan 96 personel.

 

Jika semua sarana dan utilitasnya sudah siap 100% dan perijinan sudah didapatkan, maka Rumah Sakit Mall Cito ini akan bisa beroperasi pada awal bulan Februari 2021 mendatang. (yyan)      


2 comments:

Post Bottom Ad