Daftar Jadi Pasukan Cadangan TNI, Bisa Dapat Uang Saku, Tunjangan Dan Banyak Fasilitas Seperti Ini - Kabar Surabaya

Breaking

Thursday, January 21, 2021

Daftar Jadi Pasukan Cadangan TNI, Bisa Dapat Uang Saku, Tunjangan Dan Banyak Fasilitas Seperti Ini


Daftar Jadi Pasukan Cadangan TNI, Bisa Dapat Uang Saku, Tunjangan Dan Banyak Fasilitas Seperti Ini


Kabar Surabaya - Pada tahun 2020 lalu, pemerintah melalui Kementrian Pertahanan telah mengeluarkan wacana mengenai pembentukan Pasukan Komponen Cadangan (Komcad). Wacana ini sekaligus menghapuskan wacana sebelumnya mengenai adanya program wajib militer. Komcad ini nantinya ditargetkan menjadi komponen pendukung dari TNI. 


Keberadaan dari komponen cadangan ini juga sudah diatur dalam UU Nomor 23/2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara. Aturan tersebut kemudian diperkuat dengan adanya (PP) 3/2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang 23/2019. Hal ini menunjukkan kalau pemerintah sangat serius mengenai pembentukan Pasukan Cadangan TNI tersebut.

 


Jika pemerintah sudah membuka pendaftaran, maka msyarakat bisa mendaftarkan diri secara sukarela. Tentunya akan ada masa pengumuman dan sosialisasi sebelum pendaftaran dibuka untuk umum. Terget pemerintah untuk membentuk Komponen Cadangan ini tidak main-main. Untuk angkatan pertama akan direkrut 25.000 personel dari seluruh Indonesia. Nantinya mereka akan darahkan ke tiga matra, yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

 

Namun perlu diingat, meskipun pendaftarannya sukarela, namun ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh masyrakat yang ingin masuk menjadi Pasukan Komponen Cadangan TNI ini. Persyaratan tersebut antara lain beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bersumpah setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, sehat jasmani dan rohani, dan terakhir, calon Komcad tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian.


Jika semua persyaratan tersebut dipenuhi, calon pasukan akan melalui seleksi kompetensi sebelum nantinya ditetapkan menjadi Pasukan Cadangan TNI. Setelah ditetapkan, mereka wajib menjalani pelatihan dasar militer selama tiga bulan. Selama masa ini, mereka akan mendapatkan beragam fasilitas, seperti uang saku, perawatan kesehatan, perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.



Tentunya mereka juga mendapatkan perlengkapan perseorangan lapangan yang terdiri dari pakaian dinas lapangan, sepatu lapangan, topi lapangan, serta ransel tempur yang akan digunakan untuk latihan. Selain itu, mereka juga mendapatkan pangkat yang mengacu kepangkatan yang ada pada TNI.

 

Para Pasukan Cadangan TNI ini nantinya bisa berasal dari PNS, Pegawai swasta maupun dari Mahasiwa. Meskipun nantinya mereka harus menjalani Pelatihan Militer selama 3 bulan, namun mereka akan mendapatkan jaminan untuk tidak akan kehilangan pekerjaan mupun sekolahnya. Karena setelah masa 3 bulan tersebut mereka akan kembali lagi ke aktifitasnya semula.

 

Mereka akan aktif kembali saat ada latihan penyegaran atau saat negara membutuhkan tenaga dari Pasukan Komponen Cadangan ini. Tertarik mau bergabung...?. Tunggu masa pendftarannya di buka untuk umum. (yyan)    


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad