6 Lokasi Pengurusan SIM Di Kota Surabaya Baik Untuk Perpanjangan Maupun Pembuatan SIM Baru - Kabar Surabaya

Breaking

Wednesday, January 20, 2021

6 Lokasi Pengurusan SIM Di Kota Surabaya Baik Untuk Perpanjangan Maupun Pembuatan SIM Baru


6 Lokasi Pengurusan SIM Di Kota Surabaya Baik Untuk Perpanjangan Maupun Pembuatan SIM Baru


Kabar Surabaya - Sebagaimana layaknya STNK, Surat Ijin Mengemudi (SIM) juga memiliki masa berlaku untuk pemakaiannya. Semua SIM memiliki masa berlaku selama lima tahun. Setiap lima tahun tersebut, pemiliknya wajib untuk melakukan perpanjangan. Karena dokumen tersebut wajib dibawa jika ingin mengemudikan kendaraan. 


Jangan sekali-sekali terlambat untuk melakukan perpanjangan, Jika terlambat sehari saja, maka SIM yang dimiliki akan dianggap hangus dan tidak berlaku. Untuk mengurusnya kembali anda akan diwajibkan seperti membuat SIM baru. Tentunya juga harus melalui serangkaian tes, seperti halnya ujian praktek yang membuat "geregetan". Terutama waktu harus melintasi jalur angka 8,, hehehe. Dismping itu, biaya yang harus dikeluarkan juga lebih mahal.

 


Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan SIM, maka pihak Kepolisian telah membukan beberapa gerai di Kota Surabaya ini. Gerai perpanjangan SIM ini ada 2 tipe, yaitu Gerai tetap yang tersebar di beberapa lokasi dan gerai SIM Keliling (SIMling) yang ada di 2 lokasi.

 

Berikut adalah gerai-gerai Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) SIM yang bisa anda datangi di Kota Surabaya.

1. Satpas Colombo (Jl. Ikan Kerapu No.2-4, Perak)

Satpas Colombo ini merupakan Satpas Induk dan bisa dibilang paling tertua dan paling lama berdiri di Kota Surahaya. Dari lokasi inilah semua SIM yang dimiliki oleh masyarakat Surabaya diterbitkan. Satpas Colombo ini memang dikenal sebagai lokasi untuk pembuatan SIM baru, namun di sini juga msih tetap melayani perpanjangan SIM meskipun telah banyak gerai perpanjangan SIM lain telah dibuka. 


Satpas Colombo juga melayani pendaftaran SIM secara online melalui aplikasi Jogo Suroboyo. Lokasi ini buka mulai pukul 08.00wib hingga pukul 16.00wib.

 

2. SIM Corner Tunjungan Plaza

Sesuai dengan namanya SIM Corner ini berloksi di Mall tertua dan terbesar di Kota Surabaya, yaitu Tunjungan Plaza. Lokasi tepatnya berada di Tunjungan Plaza 1 lantai dasar. Lokasinya bersebelahan dengan gerai Bank BCA. Dari pintu masuk TP 1 pengunjung bisa langsung menuruni tangga lalu belok ke arah kiri. 

 

SIM Corner Tunjungan Plaza ini buka setiap hari mulai pukul 11.00wib hingga pukul 19.30wib, kecuali hari Minggu yang hanya melayani hingga pukul 14.00wib. Sedngkan hari libur nasional, gerai ini tutup. Untuk tes psikologi, anda bisa menuju ke TP2 lantai dasar.  



3. SIM Corner Siola (Jalan Tunjungan No.1-3)

SIM Corner Siola ini berada di dalam gedung milik Pemerintah Kota Surabaya. Tepatnya di Mall Pelayanan Publik Kota Surabaya, dimana banyak masyarakat yang melakukan pembuatan E-KTP. Layanan SIM dilokasi ini buka mulai pukul 10.00wib hingga pukul 14.00wib. Namun pada hari Minggu pelayanan SIM di tutup.

 

4. SIM Corner BG Junction (Jl. Bubutan No.1)

Sama seperti SIM Corner Tunjungan Plaza, SIM Corner ini juga ini juga berada didalam Mall BG Junction. Tepatnya berada di lantai 1. SIM Corner ini baru dibuka awal tahun 2020 kemarin dan langsung mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat. khususnya masyarakat Surabaya pusat dan utara.  

 


SIM Corner BG Junction ini buka setiap hari mulai pukul 11.00wib hingga pukul 19.30wib, kecuali hari Minggu yang hanya melayani hingga pukul 14.00wib. Sedngkan hari libur nasional, gerai ini tutup.

 

5. SIM Corner Golden City (Goci) Mall (Jl. KH Abdul Wahab Siamin Surabaya No.2-8)

SIM Corner Goci Mall ini adalah satu-satunya SIM Corner yang berada di kawsan Surabaya Barat. Lokasinya yang ada dilantai dasar sangat memudahkan akses masyarakat, karena berdekatan dengan tempat parkir kendaraan. SIM Corner Goci Mall ini buka setiap hari mulai pukul 11.00wib hingga pukul 18.00wib, kecuali hari Minggu yang hanya melayani hingga pukul 14.00wib. Sedangkan hari libur nasional, gerai ini tutup.

 


6. SIM Corner Apartemen/Mall Praxis (Jl. Kayoon No.66)

SIM Corner ini merupakan SIM Corner paling baru yang dumiliki oleh pihak Kepolisian. Lokasinya berada di Apartemen dan Mall yang baru saja berdiri, yaitu Praxis. Gedung ini berada di depan gedung Indosat dan dibelakang gedung Wisma Dharmala.  SIM Corner Praxis ini buka setiap hari mulai pukul 10.00wib hingga pukul 18.00wib, kecuali hari Minggu yang hanya melayani hingga pukul 14.00wib. Sedangkan hari libur nasional, gerai ini tutup. (yyan)


7. SIM Keliling

Untuk SIM Keliling ini ada 4 lokasi yang bisa dituju, namun lokasinya setiap hari bisa berubah sesuai dengan jadwal yang ada. SIM Keliling ini buka mulai pukul 09.00wib hingga pukul 14.00wib. Loksi dari SIM keliling ini adalah : Jatim Expo, Taman Bungkul, Kapas Krampung dan Terminal Bratang (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad