Kebun Binatang Surabaya (KBS) Segera Dibuka, Pengunjung Tertentu Tidak Boleh Masuk KBS - Kabar Surabaya

Breaking

Monday, June 22, 2020

Kebun Binatang Surabaya (KBS) Segera Dibuka, Pengunjung Tertentu Tidak Boleh Masuk KBS


Kabar Surabaya - Saat ini Kota Surabaya sedang menerapkan masa transisi. Setelahnya masyarakat Kota pahlawan ini akan memasuki masa New Normal. Kalau pada masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang lalu semua tempat wisata di tutup total. Mulai hari Minggu kemarin beberapa diantaranya sudah mulai dibuka untuk umum. Tempat wisata ini sudah mulai bisa kembali untuk menerima pengunjung.


Beberapa lokasi wisata di Kota Surabaya yang mulai buka antara lain, Wisata Mangrove Rungkut Wonorejo, Wisata Pantai Kenjeran, Hutan Kota Balas Klumprik dan beberapa tempat wisata lainnya. Tentunya pembukaan tempat ini juga disertai dengan aturan protokol kesehatan yang ketat, agar tidak menjadi penularan Virus COVID-19 di lokasi tempat wisata tersebut.

Saat ini juga banyak pertanyaan dari masyarakat, Kapankah Kebun Binatang Surabaya (KBS) / banyak orang juga menyebutnya sebagai Bonbin akan dibuka...?. Sebagaimana diketahui, bahwa KBS adalah wahana Wisata yang sangat digandrungi oleh seluruh masyarakat Surabaya. Bukan hanya warga Kota Pahlawan, hampir semua masyarakat di Provinsi Jawa Timur juga sangat menggandrungi Kebun Bunatang yang sudah dibangun sejak era Penjajahan Belanda tersebut.

Dari informasi yang didapatkan, rencananya Pemerintah Kota Surabaya akan membuka lagi Kebun Binatang Surabaya pada awal bulan Juli mendatang. Saat ini pihak KBS masih melakukan koordinasi dan persiapan untuk rencana pembukaan pada minggu depan. Meskipun KBS ini sudah ditutup selama tiga bulan lebih, namun pihak pengelola memastikan bahwa semua kondisi binatang yang ada didalamnya masih tetap sehat dan terawat dengan baik.

Direktur Utama PDTS Kebun Binatang Surabaya Chairul Anwar memaparkan bawa sekarang pihaknya masih menyiapkan segala fasilitas dan protokol kesehatan bagi para pengunjung yang akan mengunjungi KBS. Salah satu yang saat ini sedang disiapkan secara serius adalah pembentukan Satgas COVID-19 didalam area Kebun Binatang Surabaya.


Nantinya pihak Satgas inilah yang akan membantu pengelola untuk melakukan pemeriksaan kepada para pengunjung Kebun Binatang Surabaya. Sekaligus untuk mengingatkan mengenai protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh pengunjung. Seperti halnya pemakaian masker, jaga jarak maupun pengukuran suhu tubuh pengunjung yang masuk ke Kebun Binatang Surabaya.

Selain itu, nantinya para pengunjung yang akan masuk ke Kebun Binatang Surabaya juga harus membeli tiket melalui online. Mekanisme ini juga sedang dipastikan lagi, sehingga pihak KBS akan menyiapkan web khusus untuk menerima pembayaran secara online.


Selain hal tersebut, pihak Kebun Binatang Surabaya juga memiliki satu aturan lagi pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Aturan ini adalah pelarangan anak usia dibawah 5 tahun (Balita) dan manula diatas 50 tahun untuk memasuki KBS. Aturan baru ini tentunya akan sangat memberatkan bagi para pengunjung, terutama mereka yang memiliki anak balita. Aturan ini tentunya juga akan membatasi kunjungan dari sekolah Playgroup dan Taman Kanak-Kanak (TK) yang biasa memiliki agenda pengenalan satwa.


Pihak pengelola Kebun Binatang Surabaya juga merasakan aturan ini bakal memberatkan para pengunjung KBS. Namun semua ini memang didesain demi keselamatan bersama, terutama bagi anak-anak dan manula yang rawan untuk terpapar Virus COVID-19.

Pada saat dibuka nanti, pihak Kebun Binatang Surabaya juga akan membatasi pengunjung maksimal 2000 pengeunjung. Hal ini sesuai dengan kapasitas KBS yang mampu menampung sekitar 4000 pengunjung. Jadi hanya di sisakan 50% untuk protokol kesehatan jaga jarak. Selain itu, para pengunjung juga akan dilarang untuk menggelar tikar selama masa pandemi ini berlangsung. (yyan)

1 comment:

Post Bottom Ad