Kursus Bahasa Asing Gratis Di Rumah Bahasa Bagi Siapa Saja - Kabar Surabaya

Breaking

Tuesday, February 11, 2020

Kursus Bahasa Asing Gratis Di Rumah Bahasa Bagi Siapa Saja

Kursus Bahasa Asing Gratis Di Rumah Bahasa Bagi Siapa Saja


Kabar Surabaya - Saat ini Kota Surabaya telah menjadi magnet bagi negara-negara lain untuk berkunjung ke Kota Pahlawan ini. Selain wisata kota-nya yang sangat beragam, kota yang dikenal dengan kawasan heritage-nya ini sangatlah diminati oleh wisatawan dari luar negeri. Beberapa kapal Pesiar dari luar negeri juga terjadwal secara rutin untuk singgah di Kota Surabaya. 


Untuk menyambut tamu-tamu asing ini, tentunya penguasaan bahasa adalah kuncinya. Bahasa adalah alat komunikasi yang efektif guna memberikan pelayanan yang terbaik bagi para wisatawan asing tersebut. Apabila warga Surabaya bisa menyambut para tamu asing ini dengan bahasa Ingris atau bahkan dengan bahasa dimana mereka erasal, tentunya akan menjadi keuntungan tersendiri. Para wisatawan ini akan merasa nyaman dan kerasan tinggal di Kota Pahlawan ini. Tentunya secara tidak langsung akan berimbas kepada sumbangan devisa dari sewa kamar di hotel, kuliner, produk oleh-oleh, dan lain sebagainya. Dampaknya, tentu perekonomian kota semakin meningkat.

Untuk memfasilitasi masyarakat yang berada di Kota Surabaya ini, Pemerintah Kota Surabaya mendirikan pusat belajar bahasa yang dinamakan Rumah Bahasa. Rumah bahasa ini seakan menjadi oase bagi masyarakat yang ingin menguasai beragam bahasa asing dunia. 


Lantas, berapa biaya yang di butuhkan untuk bisa belajar bahasa asing di Rumah Bahasa ini..?. Mengenai biaya, masyarakat tidak perlu khawatir, karena semuanya serba gratis, alias tidak di pungut biaya sedikitpun. Rumah Bahasa benar-benar fasilitas yang diberikan oleh Pemkot Surabaya guna meningkatkan kecakapan warganya untuk bisa lebih menguasai bahasa asing.

Rumah Bahasa ini tidak hanya mengajarkan bahasa Inggris, namun ada 14 bahasa yang diajarkan ditempat ini. Ke-14 bahasa tersebut adalah : Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Bahasa Thailand, Bahasa Tagalog, Bahasa Inggris, Bahasa Prancis, Bahasa Jerman, Bahasa Belanda, Bahasa Spanyol, Bahasa Rusia, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa. 


Rumah bahasa ini terbuka bagi siapa saja yang ingin mengembangkan kemampuan bahasa asingnya. baik warga Kota Surabaya maupun warga luar Kota Surabaya. Persyaratannya juga cukup mudah. bagi warga Kota Surabaya, cukup mengisi formulir pendaftaran dan melengkapinya dengan KTP atau Kartu Keluarga. 

Sedangkan bagi warga luar Kota Surabaya, juga tetap bisa mengikuti pelatihan di Rumah Bahasa, dengan ketentuan saat ini mereka masih bersekolah/berkuliah/bekerja di Kota Surabaya. Hal ini di buktikan dengan Kartu Pelajar/kartu Mahasiswa atau surat keterangan kerja. 

Rumah Bahasa ini terbuka untuk usia minimal 17 tahun hingga tidak terbatas. Untuk pendaftaran bisa langsung dilakukan di lokasi Rumah Bahasa yang terletak dikawasan Balai Pemuda Kota Surabaya. Selain itu bisa juga dilakukan secara online dengan mengisi form yang ada di link berikut : http://rumahbahasa.surabaya.go.id/index.php?p=daftar


Yang cukup unik dari Rumah Bahasa ini adalah para pengajarnya merupakan para Volunteer yang secara suka rela menularkan kemampuan bahasa asingnya kepada peserta kursus. Mereka dengan suka rela membagi ilmu dan waktunya tanpa menerima bayaran sedikitpun. Selain untuk masyarakat umum, Rumah Bahasa juga punya kelas khusus bagi para pelaku UKM, Driver taksi, Driver Ojek Online dan lain sebagainya. 

Rumah bahasa memiliki dua program sistim pengajaran, yaitu kelas rutin yang memiliki 12 kali sampai 15 kali pertemuan. Selain itu ada program On The Spot yang bersifat lebih fleksible dan tidak mengikat. Informasi lebih lengkap mengenai waktu kurusu bisa juga di dapatkan melalui IG Rumah Bahasa (@rumahbahasasby). Bisa juga menghubungi 031-5358856. (Yanuar Yudha)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad