Menengok Aktifitas Kampung Sereh Rungkut Menanggal Surabaya - Kabar Surabaya

Breaking

Wednesday, February 19, 2020

Menengok Aktifitas Kampung Sereh Rungkut Menanggal Surabaya

Menengok Aktifitas Kampung Sereh Rungkut Menanggal Surabaya

Kabar Surabaya - Saat ini kampung-kampung di Kota Surabaya sudah banyak yang mulai berbenah. Tidak sedikit yang mempunyai keunggulan dan keunikan tersendiri. Kampung-kampung ini ada yang berbasis Wisata, Kuliner, Sejarah, lingkungan hidup dan banyak lagi tema lainnya. Di kawasan Timur Kota Surabaya terdapat kampung yang mendapatkan julukan sebagai Kampung Sereh.



Letak dari Kampung Sereh ini berada di RW III Kelurahan Rungkut Menanggal Kota Surabaya. Posisi tepatnya ada di komplek perumahan Rungkut Barata. Begitu masuk ke komplek perumahan ini, suasana lenggang langsung terasa. Hal ini dikarenakan banyak penghuninya yang beraktifitas pada pagi hari. 

Predikat dari Kampung Sereh ini terlihat ketika berada di lingkungan Gazebo RW III. Gazebo yang terletak di atas tanah fasum ini terdapat bangunan mirip pendopo, lapangan sepak bola dan Kebun Sereh yang menjadi ikon dari Kampung Sereh.

Kebun Sereh ini terletak di sisi selatan Gezebo RW III. Tanaman sereh ini tampak subur dan ditata dengan rapi, membentuk empat barisan. Pada tengah-tengah barisan tanaman sereh ditempatkan barisan tong komposter yang menjadi suplayer pupuk bagi kebun sereh ini.



"Tapi jangan salah, tanaman sereh ini bukanlah jenis sereh yang biasanya menjadi bumbu dapur," terang Rizki Rahmadianti selaku wakil ketua RW III. "Meskipun bentuk dan bau-nya mirip dengan sereh bumbu dapur, tapi tanaman sereh ini tidak bisa digunakan untuk masak," sambungnya. 

Program Kampung Sereh ini merupakan program unggulan yang mulai digagas secara serius oleh kepengurusan RW, yang baru saja dibentuk pada tahun 2020. Budidaya tanaman sereh ini sengaja dipilih mengingat manfaatnya yang sangat banyak sekali.

Oleh warga RW III, tanaman sereh ini diolah menjadi minyak sereh yang kaya akan khasiat. Minyak Sereh ini dihasilkan dari proses penyilingan tanaman sereh selama kurang lebih lima jam lamanya. Proses penyulingan ini dilakukan di salah satu rumah pengurus RW yang aktif dalam hal pengelolaan lingkungan. Meskipun alat yang digunakan untuk menyuling minyak sereh ini terbilang cukup sederhana, namun sangat efektif menghasilkan minyak sereh murni 100% yang berkualitas baik. 



Minyak sereh yang dihasilkan oleh Kampung Sereh ini dikemas dalam botol kaca berukuran 20ml. Untuk harga jualnya dipatok Rp 20.000/botol. Minyak sereh produksi Kampung Sereh ini berkhasiat untuk obat gosok penghangat badan, Anti nyamuk dan serangga serta bisa digunakan sebagai aroma terapi. 

Bila anda ingin merasakan khasiat minyak sereh produksi dari Kampung Sereh ini, bersiaplah untuk inden terlebih dahulu. Karena produksi minyak sereh murni ini bisa langsung habis dibeli oleh warga RW III sendiri bila sudah muai ber-produksi. Bahkan pengurus RW sampai kewalahan menangani peminat minyak sereh yang cukup besar. 

Karena permintaan minyak sereh yang selalu meningkat setiap kali produksi, maka pengurus RW sepakat untuk menambah lagi luasan dari kebun sereh yang ada. Beberapa lahan kosong yang ada di RW III ini telah diproyeksikan untuk menjadi kebun sereh guna memenuhi peningkatan produksi minyak sereh.   



Selain minyak sereh yang menjadi komoditi utama, proses produksi dari penyulingannya juga menghasilkan produk sampingan. Salah satu produk sampingan yang banyak diminati warga adalah cairan pembersih lantai beraroma serai. Namun untuk cairan pembersih lantai/obat pel ini disediakan gratis bagi warga yang berminat. Cairan pembersihlantai ini , selain bisa membersihkan lantai, juga berkhasiat membuat lantai bebas serangga seperti semut dan serangga lainnya. 

Sedangkan daun sereh yang tidak digunakan lagi, di cacah menjadi halus. Cacahan daun sereh ini kemudian diolah menjadi kompos yang nantinya dibuat pemupukan pada tanaman sereh kembali. (Yanuar Yudha) 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad